Fitur e-Billing di Accurate Online

Fitur e-Billing di Accurate Online

E-billing kepanjangan dari electronic biling. E-billing merupakan pembayaran yang dilakukan secara elektronik. Menurut Direktoral Jenderal Pajak e-billing ini sendiri adalah metode pembayaran secara elektronik dengan menggunakan kode billing. Saat ini Dirjen Pajak membuat cara baru dalam pembayaran pajak yaitu dengan menggunakan e-billing pajak. Sehingga pembayaran pajak dapat dilakukan melalui ATM atau bank persepsi dengan mekanisme e-billing tadi.

Billing sistem ini sendiri merupakan sistem yang nantinya akan menerbitkan kode billing untuk pembayaran atau penyetoran pajak secara elektronik. Sisten e-billing ini akan membimbing wajib pajak mengisi surat setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi yang ingin dibayarkan. Jadi setelahnya wajib pajak tinggal melakukan pembayaran pajak sesuai dengan kode billing yang sudah diterbitkan.

Tentunya hal ini membantu wajib pajak untuk membuat Surat Setoran Pajak dan melakukan pembayaran pajaknya. Saat ini ada beberapa program yang telah disahkan oleh Dirjen Pajak untuk mendapatkan Kode Billing pajak, yaitu Accurate Online. Bagaimana menggunakan fitur e-billing yang terdapat di Accurate Online itu sendiri? Berikut langkah–langkahnya;

  1. Pertama lengkapi dahulu informasi Pajak Perusahaan, yang dilakukan dari menu Pengaturan | Klik Preferensi | kemudian Klik Pajak, disini isi informasi pajaknya mulai dari Nama Perusahaan, Tgl Pengukuhan PKP, No Pengukuhan PKP, Tipe Usaha, NPWP, Alamat sesuai NPWP dan jika sudah selesai maka klik SImpan.
  2. Kemudian klik Modul Smartlink Tax | klik E-Billing.
  3. Kemudian akan masuk ke e-billing pajak dan lengkapi informasi di kolom data pajak perusahaan yang muncul sesuai dengan kebutuhannya, seperti Masa Pajak, Jumlah Setoran, Subject Pajak, Uraian, Jenis Setoran, Tahun dan tahun pajak. Jika sudah selesai melengkapi informasi tersebut maka klik Simpan.
  4. Jika ingin mengunduh file e-biiling –nya, maka buka formulir e-billing yang sudah disimpan sebelumnya, dan klik Unduh disebelah kanan. Tampilannya akan seperti contoh di bawah ini;
  1. Jika saat melakukan penginputan NPWP dibagian Pengaturan | Preferensi | Pajak, ada melakukan kesalahan, maka saat melakukan unduh e-billing akan muncul error “Data WP tidak ditemukan”. Maka jika ingin menggunakan fitur e-billing, pastikan untuk data pajaknya sudah sesuai dengan data NPWP yang didapatkan dari Dirjen Pajak.
Close Menu