Pembelian Barang Import dengan PPN Impor & PPH 22 Impor

Pembelian Barang Import dengan PPN Impor & PPH 22 Impor

Perusahaan melakukan pembelian barang impor sebanyak 100 Pcs dengan harga satuan 1.5 USD sehingga total pembelian sebesar 150 USD dan dikenakan biaya pengangkutan 50 USD. Dimana pembelian ini dikenakan PPN impor, PPh impor dan bea masuk yang akan di bayarkan ke perusahaan biaya pengangkutan. Saat itu kurs yang berlaku adalah Rp. 14.000, dan selain itu juga dikenakan biata asuransi senilai 0,5 % dari harga barang + biaya angkut, tarif bea masuk sebesar 7.5 %, untuk PPN dan PPh dikenakan 10 %. Nantinya untuk biaya-biaya tersebut akan menambah nilai cost barangnya.

Sebelum melakukan pencatatan transaksinya, pastikan dahulu sudah memiliki kode pajak PPh 22 nya, diinput dari Perusahaan | Pajak | buat pajak baru, di tipe pajak pilih Pajak Penghasilan Ps 22, keterangan isi Pajak Penghasilan Ps 22 impor, untuk presentasi 10 %, dan tentukan akun penampung pajak penjualan dan pajak pembelian PPh 22 impor –nya. Berikut langkah-langkah untuk transaksi pembelian impor -nya;

  1. Pertama input Faktur pembelian dari Pembelian | Faktur Pembelian | isi informasi pemasok -nya, setelahnya ambil nama barang yang dibeli. Pada rincian barang uncentang kolom Pajak untuk PPN 10 % nya, kemudian klik Lanjut.
  2. Setelah itu input biaya–biaya untuk pembelian impor nya klik Tab Biaya lainnya dan isi biaya yang dikenakan atas pembelian tersebut, contohnya Bea masuk, centang YA di Alokasi ke barang dan Pilih nama Pemasok untuk pembayaran Bea Masuk nya dikolom Tagih ke Pemasok. Begitu juga cara input untuk bea Asuransi dan Biaya Angkut Pembeliannya. Karena kita melakukan pembayaran biaya tersebut ke Pemasok dengan Mata Uang IDR, maka nilai biayanya isi dengan nilai Rupiah. Kemudian klik Simpan.
  1. Langkah kedua kita input Faktur untuk biaya-biaya ke Pemasok lain serta PPN dan pajak Impor nya.
  2. Masuk ke Pembelian | Faktur Pembelian | Kemudian isi nama pemasok |Klik Tab Info Lainnya | Centang Kenak Pajak di bagian Pajak. Setelah itu masuk ke tab Biaya Lainnya. Klik ambil dan Pilih Biaya Pembelian, Klik no Faktur atas Tagihan Biaya –nya dan kemudian masukkan akun PPn dan PPh 22 impor yang di kenakan, kemudian isi informasi untuk PPN dan PPh 22 nya dan klik Simpan untuk menyimpan Transaksi.
Close Menu