Membatalkan Pesanan Pembelian

Membatalkan Pesanan Pembelian

Dalam proses pembelian ada beberapa tahap di accurate online yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dimulai dari Permintaan Barang, Pesanan pembelian, Penerimaan Barang, Faktu Pembelian, Pembayaran Pembelian dan Retur Pembelian. Ketika perusahaan ingin memesan barang, maka bisa dilakukan dengan membuka pesanan pembelian dari modul pembelian, namun jika pada proses pesanan barang tersebut ternyata barangnya tidak ada. Maka perusahaan melakukan pembatalan pesanan pembelian ke pemasok tersebut. Untuk membatalkan atau menutup pesanan pembelian tersebut berikut langkah yang dapat dilakukan;

  1. Pertama input dahulu pesanan pembelian barangnya dari menu Pembelian | Pesanan Pembelian | Pilih nama Pemasok, dan isikan informasi barang yang ingin dipesan ke pemasok tersebut. Kemudian klik simpan untuk menyimpan transaksi pesanan pembeliannya.
  1. Untuk membatalkan pesanan tersebut dikarenakan barang tidak ada atau barang tersebut ada di pemasok lain dengan harga yang lebih murah. Maka klik Pembelian | Pesanan Pembelian | Klik daftar Pesanan Pembelian.
  2. Kemudian cari no pesanan pembelian yang akan dibatalkan, dengan cara search nomor pesanan pembelian, atau menscroll layar didaftar pesanannya. Setelah ketemu nomor pesanannya maka klik nomor pesanan pembelian tersebut.
  3. Selanjutnya klik dibagian Tab Info lainnya, Pada bagian Tutup Pesanan, maka centang Ya ( Tidak dapat Diproses Lagi ) untuk menutup atau membatalkan pesanan pembelian tersebut.
  1. Setelah itu maka klik Simpan untuk menyimpan transaksi tersebut jika sudah selesai.

Jika ternyata pesanan pembelian yang sudah dibatalkan ingin dipakai kembali untuk dilanjutkan ke penerimaan, mungkin dikarenakan kesalahan memilih nomor pesanan  pembelian yang seharusnya dibatalkan. Maka untuk membatalkan penutupan pesanan pembelian tersebut dengan cara berikut ini;

  1. Klik Pembelian | klik Pesanan Pembelian
  2. Klik daftar Pesanan pembelian dengan cara cari nomor pesanan, atau bisa melakukan filter status pesanan yang ditutup, nama pemasok, atau tanggal transaksi pesanan pembeliannya. Kemudian klik pesanan pembeliannya.

Setelah itu masuk ke pesanan pembeliannya, dan klik Tab Info lainnya, Pada Tutup Pesanan, uncentang Ya (Tidak dapat diproses lagi). Dan kemudian klik Simpan untuk menyimpan transaksinya. Dan Pesanan pembelian tersebut dapat di Tarik ke proses selanjutanya.

Close Menu