Pencatatan PPN Lebih Bayar atau Kurang Bayar

Pencatatan PPN Lebih Bayar atau Kurang Bayar

Sebuah perusahaan yang sudah PKP (Pengusaha Kena Pajak ) pastinya akan bersinggungan dengan pajak, yang harus dibayarkan, ataupun yang harus dipungut. Salah satu jenis pajak yang paling sering bersinggungan dengan kegiatan transaksi usaha adalah Pajak Pertambahan Nilai atau disingkat dengan PPN. Untuk nilai dari PPN tersebut biasanya adalah 10 % dari harga barangnya.

PPN adalah pungutan yang dibebankan atas terjadinya transaksi jual ataupun beli barang dan jasa oleh wajib pajak pribadi atau badan. PPn ini dipungut, disetor, dan dilaporkan oleh para pedagang atau penjual yang memiliki kewajiban sebagai perusahaan yang sudah dikukuhkan sebagai PKP.

Pada setiap bulannya perusahaan akan menyetor dan melaporkan PPn yang sudah dipungut sesuai dengan tanggal yang ditentukan oleh Direktoral Jenderal Pajak atau Dirjen Pajak. Disini perusahaan memungut, menyetor, dan melaporkan PPn yang terutang. Dalam perhitungan PPN yang wajib disetor, contohnya ada pajak keluaran dan pajak masukan.

Pajak keluaran adalah PPN yang dipungut ketika perusahaan melakukan penjualan, dan Pajak masukan adalah PPN yang dibayarkan ketika perusahaan melakukan pembelian. Bagaimana di accurate online untuk melakukan rekonsiliasi PPN yang sudah dipungut atau dibayarkan setiap bulannya, untuk mengetahui apakah dibulan tersebut perusahaan lebih bayar atau kurang bayar PPN nya? Berikut langkahnya;

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah pengecekan nilai saldo PPN keluaran dan PPN masukan , yang dapat dilihat dari laporan | klik daftar laporan | klik Pajak. Untuk mencatat nilai PPN masukan dan PPN keluarannya dapat dilakukan dari menu buku besar | klik Bukti Jurnal Umum.
  1. Contoh pencatatan kurang Bayar

Ketika pada tanggal dimaksud, PPN keluarannya 1500 dan PPN masukkannya 1000, maka jurnal-nya adalah sebagai berikut;

(Dr) PPn keluaran   1500

(Cr) PPn Masukkan              1000

(Cr) Kas/ Bank                         500

  • Contoh pencatatan lebih bayar

Ketika ditanggal yang dimaksud saldo PPN keluarannya 1500 dan PPn masukannya 2000, maka jurnal-nya adalah sebagai berikut;

(Dr) PPn Keluaran    1500

(Cr) PPn Masukan                   1500

Secara otomatis pada tanggal tersebut nilai PPN masukkan akan bersisa 500, yang nantinya dapat dikreditkan pada bulan berikutnya.

Close Menu