Tukar Faktur di Accurate Online

Tukar  Faktur di Accurate Online

Tukar faktur merupakan sebuah proses yang terjadi ketika adanya penjualan secara kredit. Dimana ketika pelanggan melakukan pemesanan barang akan mengeluarkan PO ( Purchasing Order ) kepada perusahaan. Dimana setelah itu akan dikeluarkan Surat Jalan untuk pengiriman barang ke pelanggan, dan perusahaan akan mengeluarkan faktur untuk tagihan kepada pelanggan atas barang yang sudah dikirimkan.

Penjualan kredit yang dilakukan ke pelanggan berdasarakn termin atau syarat pembayaran yang diberikan oleh perusahaan, contohnya perusahaan memberikan jatuh tempo selama 30 hari. Maka untuk tanggal jatuh tempo dihitung dari tanggal perusahaan mengirimkan faktur kepada pelanggan. Selama masa kredit tersebut pelanggan tidak ada keluhan atas barang yang sudah dikirimkan, maka biasanya di hari ke 15 perusahaan akan melakukan tukar faktur dengan pelanggannya. Dimana perusahaan menukar tanda terima dengan faktur penagihan, yang nantinya akan menjadi dokumen referensi bagi pelanggan untuk melakukan pelunasan atas tagihan yang diberikan.

Accurate online memiliki modul untuk melakukan tukar faktur, yang dimana fitur ini berfungsi sebagai tanda terima saat terjadinya penagihan piutang kepada pelanggan. Dimana faktur asli akan diserahkan ke pelanggan dan perusahaan sebagai penjualan mendapatkan bukti sebagai pengganti dari faktur penjualana asli selama pelanggan melakukan proses pembayaran atas penjualan yang sudah terjadi. Berikut langkah untuk buat tukar faktur di accurate online;

  1. Pertama yang di buat pastinya adalah faktur penjualan, untuk mencatat penjualan barang ke pelanggan.
  2. Kemudian klik menu penjualan | klik Tukar Faktur
  1. Kemudian tentukan tanggal dibuka nya tukar faktur, dan kemudian klik ambi | setelah itu uncentang di samping kolom pelanggan, untuk faktur  yang ingin dibuat tukar fakturnya, maka bisa pilih berdasarkan nama pelanggan, penjualan atau no fakturnya.
  1. Setelah itu maka dokumen tukar faktur –nya sudah dapat di cetak, dan dijadikan bukti sah untuk penagihan ke pelanggan.
  2. Setelah membuat tukar faktur, ketika ada pembayaran dari pelanggan atas faktur yang di tagihkan, maka klik penjualan | penerimaan penjualan | kemudian klik Tukar faktur |ambil no tukar faktur yang dibayarakan | kemudian klik lanjut | tentukan bank/kas terima uang dan klik Simpan.
Close Menu