Pemilihan Gudang di Accurate Online

Pemilihan Gudang di Accurate Online

Accurate online untuk aturan pemilihan gudang dalam sebuah transaksi terbagi ke dalam 2 kondisi, yaitu kondisi untuk barang baru yang belum ada transaksi selain saldo awal barang dan kondisi untuk barang yang sudah ada transaksi. Untuk penjelasannya bisa dilihat berdasarkan contoh kasus berikut ini:

  • Barang Baru

Jika kondisi barang yang diambil untuk transaksi penjualan maupun pembelian, ketika barang tersebut belum memiliki transaksi selain saldo awal barang, maka gudang yang terpilih adalah sesuai urutan abjad pertama. Khusus untuk transaksi penjualan gudang yang nantinya akan terpilih, selain melihat abjad nama gudang, juga melihat ketersedian stok di gudangnya.

Contohnya;

Perusahaan memiliki tiga Gudang yaitu : Gudang Jakarta, Surabaya, dan Utama. Maka ketika ada transaksi pembelian atas barang baru yang belum ada transaksi selain saldo awal, akan otomatis mengambil nama gudang sesuai urutan adjad A-Z yaitu Gudang Jakarta.

gudang
  • Barang yang memiliki Transaksi

Jika kondisi barang tersebut sudah pernah ada melakukan transaksi baik itu transaksi penjualan maupun transaksi pembelian, maka ketika melakukan transaksi untuk pemilihan gudangnya akan melihat dari histori gudang terakhir yang digunakan pada transaksi tersebut.

Contohnya:

Perusahaan melakukan pemesana barang Hanger biru kepada pemasoknya, dan kemudian melakukan penerimaan barang dengan memilih Gudang Surabaya, dan langsung menginput faktur pembelian. Di minggu berikutnya perusahaan kembali melakukan pesanan Hanger Biru, dan melakukan penerimaan barang pada hari berikutnya. Otomatis saat melakukan penerimaan barang, gudang yang terpilih adalah Gudang Surabaya sesuai dengan history terakhir nama gudang di transaksi yang dilakukan.

accurate online

Untuk mengetahui history nama gudang terakhir bisa dilihat dari Persediaan | barang dan Jasa | klik daftar barang dan jasa | klik nama barangnya| kemudian klik tab Mutasi dan filter tanggalnya, kemudian klik refresh | Maka akan muncul history atas barang tersebut dan muncul transaksi tersebut ke gudang atau dari gudang mana saja.

Note: Hal ini berlaku juga untuk transkasi penjualan, dimana dengan catatan semua gudang mempunyai stok atas barang tersebut. Jika salah satu gudang tidak ada stok, maka akan melihat ketersediaan stok di gudang mana.

Close Menu