Membatalkan Giro/Cek Penerimaan Penjualan

Membatalkan Giro/Cek Penerimaan Penjualan

Accurate Online dapat melakukan penerimaan ataupun pembayaran dengan menggunakan giro maupun cek. Dimana nantinya penerimaan maupun pembayarannya akan diakui sesuai dengan tanggal cek atau giro –nya. Namun bagaimana jika dipenerimaan penjualan ternyata Giro atau ceknya di tolak oleh bank atau itu adalah giro atau cek kosong? Apakah di program accurate dapat di batalkan penerimaannya? Berikut langkah untuk melakukan pembatalan giro atau cek dipenerimaan penjulan ;

  1. Contohnya; perusahaan meneriman penerimaan atas piutang pelanggan dengan giro 123 di tanggal 15 september dengan tanggal jatuh tempo di tanggal 17 september. Namun pada tanggal 17 tersebut, ternyata giro yang di berikan tidak dapat dicairkan. Sehingga harus menginput pembatalan giro, dan pelanggan mengganti gironya dengan giro baru yang jatuh tempo ditanggal 19 september.
  2. Untuk input pembatalannya kita masuk ke menu Penjualan | klik Penerimaan penjualan | klik daftar penerimaan penjualan | klik no penerimaan atas pelanggan yang gironya ingin di batalkan | kemudian klik tab info lainnya |dan kemudian centang Ya dibagian Void –nya. setelah itu untuk menyimpan transaksi klik Simpan.
void transaksi
void transaksi penerimaan penjualan
  1. Maka secara otomatis akan terbentuk jurnal pembatalan atas void transaksi penerimaan penjualan di akun bank nya dan di laporan rincian buku besar pembantu piutang. Dimana pada laporan histori banknya akan muncul transkasi minus atas void giro –nya dengan keterangan cek kosong. Kemudian untuk akun piutang pelanggannya juga akan muncul informasi penerimaan penjualan dengan keterangan cek kosong dilaporan rincian buku besar pembantu piutang. Dengan melakukan void transaksi penerimaan penjualan, maka secara otomatis program mencatat bahwa pelanggan tersebut masih memiliki piutang ke perusahaan.
Jurnal void transaksi penerimaan penjualan
  1. Kemudian ketika perusahaan menerima kembali giro baru yang diberikan pelanggan atas penjualan yang dilakukan, maka kita harus membuat penerimaan baru untuk faktur tersebut. Caranya klik menu Penjualan | Penerimaan penjualan | Pilih nama pelanggannya | masukkan informasi untuk penerimaan tersebut | Klik Ambil untuk mengambil faktur mana yang dibayarkan oleh pelanggan. Kemudian klik simpan untuk menyimpan transaksi.
Close Menu