Input Saldo Awal pengiriman Pesanan

Saldo Awal pengiriman Pesanan

Pengiriman Pesanan merupakan modul untuk input pengiriman barang atas pesanan barang dari pelanggan, yang dimana perusahaan belum menerbitkan faktur untuk pengakuan piutang. Input pengiriman pesanan akan otomatis memotong persediaan kita, namun belum membentuk piutang ataupun pendapatan atas pengiriman barang.

Jika kita baru menggunakan program accurate, mungkin saja ada transaksi pengiriman pesanan yang masih gantung, yang belum diterbitkan faktur penjualannya. Maka untuk penginputan saldo awal pengiriman pesanannya di program accurate online berikut langkahnya sesuai dengan ilustrasi di bawah:

Ilustrasi: Perusahaan baru menggunakan Program accurate di tanggal tutup buku perusahaan di 31 desember 2019. Dimana pada tanggal tersebut masih ada DO ( Pengiriman Pesanan ) yang masih gantung terhadap pelanggannya atas barang X sebanyak 100 pcs dengan harga satuannya Rp. 10.000,- . Untuk memasukkan saldo awal akun barang terkirimnya maka kita lakukan sesuai langkah berikut ini:

  1. Buat kembali Pesanan Penjualan atas Pengiriman Pesanan yang gantung, agar nilai saldo awal biaya terkirimnya muncul. Caranya klik modul Penjualan | Pesanan Penjualan.
Pesanan Penjualan
  1. Kemudian baru input transaksi Pengiriman Pesanan dari Penjualan | Pengiriman Pesanan | Pilih nama pelanggannya, untuk tanggal buat sesuai tanggal tutup buku, dan di bagian ambil pilih pesanan penjualan yang sudah diinput sebelumnya. Kemudian klik Simpan untuk menyimpan transaksinya. Maka secara otomatis akan muncul nilai saldo awal Barang terkirim untuk Pengiriman pesanan yang masih gantung.
Pengiriman Pesanan
  1. Setelah itu maka kita harus melakukan penyesuaian barang agar saldo awal barangnya tidak lari. Karena ketika kita input pengiriman pesanan tadi, otomatis akan mengurangi stok yang sudah ada. Input penyesuaian barangnya dari Persediaan | Penyesuaian persediaan | Untuk tanggal buat sesuai tanggal tutup buku | kemudian pilih nama barang yang tadi dimasukkan Saldo awal barang terkirimnya dan pilih untuk penambahan.
  2. Setelah itu pada info lainnya, untuk akun penyesuaiannya pilih ke akun opening balance. Kemudian klik simpan untuk menyimpan transaksi ini.

Note : Jika tidak ingin melakukan Penyesuaian persediaan, maka sebelum melakukan input Pesanan Penjualan dan Pengiriman Pesanan, maka saat masukkan saldo awal barangnya, kita harus menambahkan kuantitas barang untuk saldo awal pengiriman pesanannya.

Close Menu