Penyesuaian Persediaan di accurate Online

Penyesuaian Persediaan di Accurate Online

Accurate online memiliki fitur Penyesuaian Persediaan, yang berfungsi untuk menyesuaikan barang di gudang dengan barang di program Accurate. Hal ini biasanya terjadi jika ada selisih antara gudang dengan program Accurate dari stok Opname yang dilakukan oleh bagian gudang. Selisih stok barang ini bisa terjadi dikarenakan adanya barang rusak, atau barang tersebut digunakan untuk keperluan sendiri ataupun dihibahkan ke orang lain dan bisa juga karena barang tersebut hilang.

Hal ini sering terjadi dalam sebuah usaha, sehingga perusahaan perlu melakukan penyesuaian stok barang supaya stok barang di Program dengan Gudang itu sesuai. Sehingga hal ini tidak membuat laporan persediaan menjadi kacau, yang berakibat membuat laporan keuangan juga menjadi tidak sesuai. Jika tejadi selisih antara Gudang dengan program Accurate, maka berikut langkah untuk input penyesuaian persediaan;

  1. Klik Persediaan | Klik Modul Penyesuaian Persediaan.
  2. Pada tab Data Baru isikan tanggal dilakukannya penyesuaian persediaan. Setelah itu pada bagian Cari/Pilih Barang & Jasa pilih nama barang yang ingin disesuaikan stoknya dengan gudang.
Penyesuaian barang
Penyesuaian Persediaan
  1. Pada bagian detail barang pilih Tipe Penyesuaiannya Penambahan atau Pengurangan.
  • Jika stok di gudang lebih banyak di bandingkan dengan stok di Program maka pilih Penambahan
  • Jika stok di gudang lebih sedikit di bandingkan dengan stok di Program maka pilih Pengurangan
  1. Kemudian ketik berapa kuantitas barangnya yang akan dikurangin atau ditambahkan, dan pilih nama Gudang penyesuaian barang-nya.
  2. Setelah selesai maka klik Simpan
  3. Pada bagian i atau info lainnya isi akun Penyesuaian barangnya kemana. Akun penyesuaian ini adalah akun penampung nilai yang hilang jika stok barang di program lebih banyak dibanding stok di gudang, dan menampung nilai tambah jika stok barang di program lebih sedikit dibandingkan dengan  stok di gudang.
  4. Kemudian klik simpan untuk menyimpan transaksi penyesuaian persediaan yang dibuat.
  5. Untuk melihat penyesuaian yang sudah dibuat, bisa cek dari daftar penyesuaian barang dengan klik kotak hijau di sebelah Tab Data Baru.
Penyesuaian persediaan
Daftar Penyesuaian Persediaan
Close Menu