Terima Barang Sebagian dari Pemindahan Barang

Terima Barang Sebagian

Pada sebuah perusahaan ada kemungkinan terjadi ketika melakukan pemindahan barang dari Gudang Pusat ke Gudang Toko, barang yang dipindahkan tidak dapat dikirim semua. Hal ini dikarenakan saat melakukan pengiriman barang tersebut tidak bisa dilakukan dalam satu pengiriman, sehingga harus kirim dua kali.

Di accurate online untuk pindah barang antar gudang diterima sebagian dahulu dapat dicatat melalui proses seperti berikut ini:

  1. Pertama lakukan dahulu pencatatan pemindahan barang dari modul Persediaan | Perpindahan Barang | Di Tab Data Baru, pada bagian Proses pilih Kirim Barang | di Gudang, pilih nama gudang yang mengirim barang | Gudang Tujuan, pilih nama gudang yang dikirim barang | setelah itu pilih barang yang akan di pindahkan dan isi kuantitas barangnya.
Pindah Barang
Kirim Barang
  1. Setelah itu baru buat penerimaan barang dari modul Persediaan | Perpindahan Barang | Di Tab Baru dibagian Proses pilih Terima Barang. | Kemudian pilih nama Gudang yang menerima dan Gudang yang mengirim barang.
  2. Setelah itu klik Ambil, pilih Pemindahan barang, kemudian ambil nomor pemindahan barang yang sudah dilakukan dan centang barang yang di terima. Sebelum menyimpan transaksi ini, edit dahulu kuantitas terima barang sesuai dengan yang diterima. Hal ini dilakukan dikarenakan gudang menerima barang tidak full sesuai dengan pemindahan barang yang dilakukan. Caranya klik sekali di nama barangnya, kemudian akan muncul kotak rincian barang, dibagian kuantitas ketik berapa barang diterima.
Terima Barang
  1. Jika sudah selesai maka klik Simpan. Jika sewaktu simpan ada muncul notifikasi “ Kuantitas barang kurang dari kuantitas yang dikirim. Selisih kekurangan barang dapat diterima di penerimaan barang selanjutanya” klik saja Lanjutkan.
  2. Ketika kita melihat dari daftar pemindahan barang, maka pemindahan barang tersebut akan bersatus “ diterima sebagian”.
  3. Untuk penerimaan barang sisanya, maka lakukan langkah yang sama seperti yang sudah di lakukan di poin ke 2.

Note: Untuk panduan penerimaan barang sebagaian ini, tidak hanya berlaku bagi pemindahan barang saja. Namun hal ini bisa dilakukan juga di penerimaan barang di Pembelian dan Pengiriman Barang di Penjualan.

Close Menu