Input Aset Tetap yang Rusak atau Hilang

Aset Tetap Hilang atau Rusak

Disposisi Aset Tetap adalah modul di accurate online untuk melakukan penghentian aset tetap. Disposisi Aset Tetap ini bisa terjadi karena ada-nya proses penjualan aset tetap, ataupun bisa juga dikarenakan aset tetap tersebut hilang atau sudah rusak.

Hal ini membuat aset tetap yang hilang atau rusak harus dilakukan disposisi agar tidak terbawa lagi di laporan keuangan perusahaan selanjutnya. Bagaimana melakukan disposisi aset tetap yang rusak atau hilang?  Berikut langkah – langkah untuk mencatat disposisi aset tetap yang hilang atau rusak di accurate online;

  1. Pertama Klik menu Aset Tetap | Pilih Disposisi Aset Tetap | Pada Tab Data baru, isi informasi Aset tetap yang hilang atau rusak. Lengkapi informasi tanggal dilakukannya disposisi, kuantitas aset yang rusak atau hilang, akun laba/rugi untuk menampung nilai sisa dari aset tetap yang rusak atau hilang, lokasi aset , dan catatan jika diperlukan.
Disposisi Aset Tetap
Informasi Aset Tetap Hilang atau Rusak
  1. Setelah selesai melengkapi data informasi aset tetap yang dilakukan disposisi, maka klik Simpan.
  2. Untuk melihat disposisi yang sudah dilakukan, bisa di cek dari daftar disposisi Aset dengan mengklik kotak hijau disebelah data baru seperti gambar di bawah ini;
Daftar Disposisi Aset Tetap
  1. Jika sudah di simpan, maka jurnal yang terbentuk dari diposisi aset tetap yang dilakukan akan seperti di bawah ini ;
Jurnal Disposisi Aset Tetap Rusak / Hilang

Note: Akun Laba Rugi ini digunakan sebagai akun penampung dari nilai aset tetap yang dilakukan disposisi aset tetap. Dimana  ketika  dilakukan disposisi aset tetap, Aset tetap tersebut mungkin saja masih memiliki nilai buku akutansi. Akun yang dapat dipilih untuk akun Laba Rugi ini adalah akun Beban, Beban Lain – lain, dan Pendapatan lain – lain. Namun jika aset tetap tersebut tidak memiliki nikai buku akutansi lagi, akun laba rugi tersebut tetap harus diisi.

Close Menu