Persediaan menjadi Aset Tetap

Persediaan menjadi Aset Tetap

Dalam satu kondisi ada saatnya persediaan yang dimiliki perusahaan, dipakai sendiri untuk penunjang kegiatan administrasi atau bisa dijadikan sebagai aset tetap perusahaan. Bagaimana pencatatan yang dilakukan jika persediaan barang dijadikan sebagai aset tetap? Berikut cara untuk penginputan transaksi persediaan menjadi aset tetap;

  1. Pertama buat dahulu akun perantara dengan tipe akun aktiva lancar lainnya dari Buku Besar | Akun Perkiraan | Pada tab Data Baru buat nama akunnya Transaksi Aktiva Tetap dan tipe akunnya aktiva lancar lainnya.
  2. Kemudian masuk ke Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan | di Penyesuaian Persediaan di bagian akun penyesuaian maka tambahkan akun Transaksi Aktiva Tetap yang tadi sudah dibuat. Setelahnya klik Simpan.
Akun Perkiraan Penyesuaian Persediaan
  1. Selanjutnya buat Penyesuaian Persediaan untuk pengurangan stok Persediaan yang ingin di pindahkan ke Aset Tetap. Klik modul Persediaan | Penyesuaian Persediaan | pilih Pengurangan | Isi tanggal penyesuaian persediaan dan isikan jumlah persediaan yang ingin dipindahkan ke Aset Tetap.
Penginputan Penyesuaian Persediaan
  1. Kemudian masuk ke Tab Info Lainnya di akun penyesuaian pilih akun perantara yang sudah dibuat sebelumnya yaitu “Transaksi Aktiva Tetap”, sebagai akun Penyesuaian Persediaan, lalu setelah selesai klik Simpan.
Akun Penyesuaian Persediaan
  1. Maka setelah selesai akan terbentuk Jurnal seperti berikut;
Jurnal Penyesuaian Persediaan
  1. Setelah selesai melakukan Penyesuaian persediaan, maka masuk ke menu Aset Tetap | Aset Tetap kemudian isikan informasi aset tetapnya, mulai dari Nama. Tanggal beli, Tanggal pakai, Metode Penyusutan, Akun Aset, Akun akumulasi, Akun beban Penyusutan, Umur aset, kuantitas. Kemudian masuk ke Tab i ( Informasi Lainnya ) pilih Kategori Aset nya.
Pencatatan Aset Tetap
  1. Selanjutnya klik Tab Rp, pilih akun perantara yang telah dipilih saat melakukan penyesuaian persediaan sebelumnya dan masukkan nilai perolehan aset tetap sesuai dengan nilai yang diakui dari Penyesuaian Persediaan.
  2. Setelah selesai klik simpan untuk pencatatan transaksi aset tetap yang dibuat. Maka setelah simpan akan terbentuk jurnal seperti berikut dari transaksi pencatatan aset tetap yang dibuat;
Jurnal Pencatatan Aset Tetap
Close Menu