Import Aktiva Tetap Dari Excel

Import Aktiva Tetap Dari Excel

Aktiva tetap dalam ilmu akuntansi adalah aset berwujud yang dimiliki oleh perusahaan, untuk digunakan dalam produksi barang, jasa, disewakan kepada pihak lain, ataupun dipakai sendiri untuk tujuan administratif. Aktiva tetap yang dicatat sebagai aset tetap perusahaan, dalam tiap bulannya akan disusutkan nilai aset tetapnya, sesuai dengan metode penyusutan yang dipilih. Bagaiamana untuk input aktiva tetap melalui import data excel? Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama masuk ke modul Aset Tetap | Aset Tetap | Klik Daftar Aset Tetap ( kotak hijau disebelah tab Data Baru )
  2. Pilih Import data | Klik import dari excel.
Membuka menu import excel
  1. Dibagian Tab Import Aset Tetap, ada informasi apa saja hal yang harus disiapkan dan contoh file excelnya yang harus sesuai dengan format Accurate Online. Anda bisa klik contoh file untuk mendownload file excel nya, dan silahkan membuat data excel Aset Tetapnya sesuai file tersebut.
  2. Jika data Excelnya sudah selesai, maka klik gambar folder untuk memilih file excel yang akan di import dan klik Unggah untuk lanjut ke proses import data.
  3. Otomatis masuk ke Tab Pemetaan Kolom data, disini anda perlu melakukan pemetaan disetiap kolom yang ada di file excel dengan kolom yang sesuai pada Accurate Online. Pastikan pemetaan yang dilakukan sesuai dengan kolomnya, karena jika berbeda akan terjadi kesalahan saat import. Kemudian klik Lanjutkan untuk meneruskan.
Pemetaan Kolom data Aset Tetap
  1. Selanjutnya akan masuk ke Tab Konfirmasi Import Data, disini akan di tampilkan 5 baris awal dari data yang kita import, dan bisa di cek apakah sudah sesuai atau belum. JIka sudah sesuai data excelnya dengan kolom –  kolom di accurate Online, Maka Klik Lanjutkan untuk memulai proses import datanya.
Informasi Import Data

Noted:

  • Jika judul kolom data di excel sesuai atau sama dengan judul kolom di accurate Online, maka itu secara otomatis akan terpetakan oleh Accurate Online, namun kita tetap harus melakukan pengecekan sudah sesuai atau tidak.
  • Proses import yang selesai dilihat dari tampilan informasi bahwa proses import berhasil berapa data yang terimport, atau berapa data yang gagal. Jika ada data yang gagal terimport maka aka nada informasi log errornya dan bisa kita cek untuk melihat penyebabnya

Close Menu