Pembelian Aset Tetap melalui Faktur Pembelian

Pembelian Aset Tetap melalui Faktur Pembelian

Pembelian Aset tetap bisa dilakukan melalui beberapa modul, contohnya bisa melalui Bukti Jurnal, Pembayaran dari Kas and Bank, dan melalui Faktur Pembelian. Bagaimana melakukan pembelian aset tetap melalui Faktur Pembelian? Berikut langkah-langkannya;

  1. Klik menu Pembelian | Klik Faktur Pembelian | Kemudian Pilih Pemasok dan isi No faktur#  sesuai dengan no faktur dari pembelian aset tetapnya | Kemudian klik Pembelian Aset ( Kotak hijau disebelah pencarian barang ).
  1. Jika ketika klik pembelian asetnya muncul notifikasi Pembelian asset memerlukan barang dan akun perantara pembelian. Accurate akan otomatis membuatkan barang dan akun perkiraan. “ Pembelian Aset”. Lanjutkan? dan klik YA. Maka secara otomatis Accurate akan membuat akun dengan nama Pembelian Aset, tipe akunnya adalah asset lancar lainnya dan Barang dengan nama Pembelian Aset, jenis barangnya adalah Non persediaan.
  1. Kemudian akan muncuk kotak Rincian Barang, isikan Nama Aset, Kuantitas, dan harga beli asset tersebut. Jika pembeliannya di kenakan PPN 10 % maka centang PPN 10 % dan klik lanjut.
Pembelian Aset Tetap
  1. Kemudian jika pembelian aset tetapnya secara Tunai maka bisa langsung klik Proses | Pilih pembayaran, maka otomatis akan masuk ke Pembayaran Pembelian. Namun jika pembeliannya secara kredit atau masih hutang, maka klik Simpan.
  2. Selanjutnya jika telah disimpan, maka Accurate secara otomatis akan membuat Draft Pencatatan Aset Tetap yang dibeli tersebut pada Modul Aset Tetap | Aset Tetap.
  1. Kemudian lengkapi informasi Aset Tetap yang ada di Draft Pencatatan Aset Tetap yang telah dibeli, yaitu mengisikan tanggal pakai, jenis asetnya, metode penyusutannya, masa manfaatnya, jumlah kuantitas asenya, serta kategori asset tetapnya yang diisi dengan klik Tab i ( informasi lainnya )
  1. Setelah melengkapi informasi aset tetapnya maka klik simpan untuk perubahannya pada Draft Pencatatan Aset Tetap, dan otomatis mengubah status Draft menjadi Data Aset Tetap Perusahaan yang tercatat di database tersebut.

Note: Draft Aset Tetap yang dibuat otomatis oleh accurate belum tercatat sebagai Aset Tetap di database, jika belum melengkapi informasi aset tetapnya.

Close Menu