Retur Beli dari Penerimaan Barang

Retur Beli di Accurate

Retur pembelian sama halnya dengan retur penjualan, yaitu adanya transaksi pengembalian barang. Namun bedanya retur beli adalah pengembalian barang ke pemasok kita, yang otomatis akan mengurangi stok nya kita. Selain mengurangi stok retur beli juga akan mengurangi hutang kita  dan pengembalian dana dari pemasok ke kita.

Retur beli di accurate bisa dilakukan dari faktur yang sudah lunas, ataupun faktur yang belum lunas, tanpa faktur, dan dari penerimaan barang. Sama halnya dengan retur penjualan untuk bisa melakukan retur pembelian atas semua faktur dan tanpa faktur maka kita harus setting dahulu preferensi nya. Caranya sebagai berikut;

  1. Klik Persiapan, pilih preferensi.
  2. Klik pembelian, dan pada bagian retur pembelian maka centang Semua Faktur Pembelian
  3. Untuk bisa retur tanpa faktur maka centang “Dapat mengisi barang apa saja di retur pembelian “ . Kemudian klik OK

Setelah melakukan settingan tersebut maka kita bisa melakukan retur pembelian tanpa faktur, dan faktur yang sudah lunas. Berikut langkah untuk melakukan retur pembelian atas peneriman barang;

  1. Untuk buat penerimaan barang bisa kita lakukan dari  modul pembelian , klik penerimaan barang. Pada Penerimaan barang kita klik nama pemasoknya dan isi no penerimaan barangnya dan masukkan nama barang yang kita terima dari pemasok. Kemudian klik simpan tutup.
  2. Jika ternyata barang yang di terima rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, maka kita bisa melakukan retur dengan klik modul Pembelian dan pilih retur pembelian.
  3. Pada modul retur pembeliannya kita pilih nama pemasok. Setelah itu pada Receipt/Inv. No. kita pilih no penerimaan barangnya, dan disana akan ada keterangan RI untuk no penerimaan barangnya.
  4. Pada item description kita bisa pilih nama – nama barang yang akan di retur, dan klik yes jika ingin meretur seluruh barang, jika sebagaian bisa pilih no dan ketik berapa kuantitas barang yang akan di retur. Karena ini retur dari penerimaan barang, maka kita tidak masukkan nilai barangnya, karena saat terima barang belum ada pengakuan nilai masuk barang. Setelah selesai maka klik simpan tutup.
retur pembelian
Close Menu