Perbedaan Tipe Barang Accurate

Perbedaan Tipe Barang Accurate

Perbedaan tipe barang Accurate, dalam perusahaan pasti adanya beberapa tipe barang yang digunakan. Ada tipe barang persediaan, barang yang dijadikan beban, ataupun jual jasa. Dengan perbedaan tipe barang pasti akan sangat membantu kita mengontrol stok yang ada.

Artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan tipe accurate baik dalam accurate5 maupun dalam accurate online.

Dalam program accurate5 dan accurate online, tipe persediaan dibedakan menjadi  persediaan, non persediaan dan servis/jasa serta grup (khusus Accurate Online).

Persediaan Accurate5

Persediaan : dengan tipe ini kita dapat mengontrol stok barang kita berkurang ataupun bertambah, atau bisa juga kita anggap barang yang akan kita jual beli semua. Nah jika kita memilih tipe ini akan muncul kolom nilai modal serta kolom kuantitas. Sehngga setiap kita menjual barang akan langsung berkurang dan sebaliknya jika kita melakukan pembelian.

Non Persediaan : jika kita pilih tipe ini yang akan muncul hanya kolom kategori dan unitnya saja, tidak ada nilai modal dan kuantitas. Dalam tipe ini akun-akun yang ada akan langsung ke bagian beban, istilahnya kita membeli barang ini untuk operasional perusahaan kita. Atau bisa juga kita anggap juga jasa.

Servis : untuk jasa disini hamper sama dengan non persediaan, dimana tidak ada kuantitas yang dikontrol. Bedanya dengan non persediaan, barang diservis hanya bisa dijual tidak bisa dibeli dan akun masuk ke pendapatan tidak ada istilah retur. Sedangkan di non persediaan barang dapat jual dan dibeli serta dapat diretur (Accurate5). Dalam Accurate Online penjualan dalam tipe jasa/servis akan langsung ada pilihan pemotongan PPh.

Grup (Accurate Online) : dalam tipe ini bisa kita tentukan barang apa saja yang terikat dengan grup ini. Misalnya Grup A, meliputi Aqua, Pulpen, Pensil dan Buku, dan dapat kita buat beberapa grup untuk barang yang berbeda. Dalam tipe ini barang akan keluar pada saat dilakukan penjualan, jadi pada saat kita buka faktur penjualan atas grup itu barang akan otomatis berkurang.

Persediaan Accurate Online
Close Menu