Retur jual dari Pengiriman Pesanan

Retur Jual di Accurate

Retur atau yang dikenal dengan istilah pengembalian sering terjadi dalam kegiatan ekonomi, atau kegiatan jual beli. retur ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu retur penjualan dan retur pembelian. Retur jual ataupun retur beli sering terjadi dalam kegiatan jual beli, terlebih dalam bidang usaha dagang. Retur terjadi karena beberapa kondisi, bisa saja karena barang salah dikirim, barang yang di kirim rusak atau tidak sesuai.

Retur penjualan mengakibatkan adanya penambahan stok terhadap pihak penjual, pengurangan nilai piutang, pengembalian dana kepada custoner, ataupun penukaran barang untuk customer. Di accurate retur barang bisa dilakukan dari 2 transaksi yaitu transaksi pengiriman pesanan atau Delivery Order dan dari transaksi faktur penjualan.

Dari transaksi penjualan bisa melakukan retur atas faktur yang sudah lunas dan faktur yang belum lunas. Namun dalam satu kondisi, pengembalian barang di Accurate bisa juga dilakukan tanpa faktur penjualan ataupun faktur pengiriman pesanan. Hal ini disebut sebagai retur penjualan nihil. Untuk bisa melakukan retur nihil ( tanpa faktur ), retur faktur yang sudah lunas ataupun yang belum lunas, maka kita harus setting dahulu di pengaturannya.

Cara untuk setting nya sebagai berikut;
1. Klik persiapan dan  pilih preferensi,

2. Klik ke bagian penjualan, pada bagian retur penjualan klik semua faktur penjualan jika bisa melakukan retur atas faktur yang sudah lunas dan yang belum lunas.

3. Kemudian centang “Dapat mengisi barang apa saja “ Jika bisa melakukan retur tanpa faktur penjualan ataupun pengiriman pesanan.

Disini kita akan bahas bagaimana melakukan retur penjualan melalui pengiriman pesanan. Bagaimana caranya ? berikut langkahnya;

  1. Kita buat transaksi pengiriman pesanan dahulu, dari modul Penjualan | pilih Pengiriman Pesanan.
  2. Pilih nama customernya, dan masukkan barang-barang apa saja yang akan di kirimkan.
  3. Setelah itu jika customer melakukan retur atas Surat jalan yang dikirimkan maka, Klik modul Penjualan dan pilih Retur Penjualan.
  4. Pada modul retur penjualan, pilih nama customernya. Pada Sales Inv. No. pilih no Pengiriman Pesanan yang akan di retur. Untuk pengembalian barang atas pengiriman pesanan, aka nada muncul keterangan DO.
retur

Setelah itu klik di bagian item description dan pilih nama barang yang di retur tadi. Dan klik simpan tutup.

Close Menu