Faktur Dimuka pada AOL

Faktur Dimuka Mendahului Pengiriman

Pada perusahaan sering kali ada proses pengakuan piutang terlebih dahulu sebelum barang dikirim kepada pelanggan. Pelanggan akan membayar piutang tersebut, sementara barang yang akan dijual oleh perusahaan masih tetap berada digudang. Biasanya disebut faktur dimuka mendahului pengiriman.

Cara untuk menginput transaksi tersebut pada accurate online yaitu pertama sekali dengan mengaktifkan modul faktur mendahului pengiriman. Klik modul pengaturan – preferensi – pilih fitur – kemudian klik penjualan – centang faktur dimuka (Mendahului Pengiriman) dan simpan.

Faktur Dimuka
Fitur

Kemudian saat mekukan transaksi penjualan, berikut cara input : Pilih modul penjualan – faktur penjualan dan isi langkahnya.

  1. Pelanggan, yaitu isi nama pelanggan kepada siapa kita terbitkan tagihan.
  2. Tanggal, yaitu isi tanggal berapa  faktur penjualan tersebut akan terbit
  3. No Faktur, yaitu isi nomor faktur yang diterbitkan.
  4. Dibagian Rincian Barang, cari/pilih barang  & jasa apa saja dan berapa kuantiti barang  yang akan diterbitkan diinvoice ini.
  5. Dibagian Info lainnya (i), Faktur dimuka  centang YA (Mendahului pengiriman), maksudnya apabila centang YA maka otomatis barang yang dipilih  pada point 4, maka belum berkurang digudang perusahaan, karena masih hanya mengeluarkan tagihan saja. Apabila tidak dicentang maka barang yang kita pilih sudah berkurang distok perusahaan dan sudah membuat tagihan faktur. Dan isi kolom – kolom lainnya jika diperlukan.
  6. Dibagian Biaya lainnya (RP), Masukkan biaya  –  biaya yang akan ditagihkan ke pelanggan tersebut. Biaya tersebut atas faktur yang akan diterbitkan. Jadi nilai barang dan nilai biaya merupakan total tagihan ke pelanggan tersebut.

Kemudian langkah selanjutnya saat perusahaan mengirimankan barangnya ke pihak pelanggan, maka berikut caranya menginput transaksinya. Pilih modul penjualan – Pilih pengiriman pesanan  dan isi langkah-langkahnya :

  1. Kirim ke, yaitu isi nama pelanggan yang akan dikirimkan barang
  2. Tanggal, yaitu isi tanggal berapa akan dikirimkan barang tersebut.
  3. Pengiriman, yaitu barang yang akan dikirimkan dikirim melalui apa, contoh: melalui truk, box, expedisi dll.
  4. No Pengiriman, yaitu masukkan nomor transaksi atas pengiriman barang tersebut.
  5. Kemudian pilih ambil – Pilih faktur dimuka – kemudian cari / pilih nomor faktur yang mana yang akan diproses pengiriman. Maka saat melakukan transaksi pengiriman ini akan otomatis mengurangi stok digudang perusahaan.
Faktur Dimuka
Faktur Dimuka
Close Menu