Pemotongan PPh 23 di Accurate

Pemotongan PPh 23 di Accurate

Pajak Penghasilan pasal 23 atau PPh 23 merupakan pajak yang di potong dari modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan yang di dapat. Pajak penghasilan  merupakan salah satu jenis pemotongan PPh atau pemungutan pajak penghasilan di kalangan wajib pajak.  Artinya wajib pajak yang sudah di tunjuk oleh UU PPh dan peraturan pelaksanaannya, diharuskan  menjalankan pemotongan tersebut.

PPh 23 biasanya dikenakan saat transkasi di antara kedua belah pihak, dimana pihak penjual atau penerima penghasilan atau pihak yang memberi jasa dikenakan PPh pasal 23. Sedangkan pihak pemberi penghasilan atau pembeli yang menerima jasa akan memotong dan melaporkan pemotongan pph 23 tadi.

Di Indonesia beberapa kegiatan yang menghasilkan bisa di kenakan pajak penghasilan 23.  Beberapa jenis penghasilan yang di kenakan pemotongan pph 23 adalah sebagai berikut; Royalti, Bunga ( termasuk imbalan yang sehubungan dengan utang, dan diskonto ), dividen, hadiah, sewa, bonus, service,  dan imbalan. Namun dari beberapa jenis penghasilan ini, adapula yang tidak di kenakan Pph 23 atau mendapat pengecualian, contohnya penghasilan yang di bayar atau terutang pada bank, dan deviden yang berasal dari laba yang di tahan.

Accurate sebagai program accounting juga bisa mencatat atau membuat pemotongan pph 23. Bagaimana peninputannya? Berikut langkahnya;

  1. Pertama kita buat dulu kode pajak pph 23 nya dari daftar | klik Daftar Lain | pilih kode pajak. Masukkan seperti berikut;
  1. Setelah itu kita bisa buat transaksi faktur penjualan ataupun faktur pembelian, sesuai dengan transaksi kita. Apakah kita sebagai pembeli jasa, atau sebagai penjual jasa.
  2. Untuk pemotongan PPh 23 nya di accurate bisa dilakukan pada saat penerimaan penjualan atau pada pembayaran pembelian.
  3. Klik penerimaan penjualan / pembayaran pembelian, kemudian centang pay untuk invoice mana yang akan di bayarkan. Klik kanan pada invoice yg di bayarkan pilih pph 23
  4. Disana tinggal masukkan no bukti potongnya, pilih kode pajak pph 23 dan pilih jenis pemotongannya. Apakah itu jasa logistik, jasa konsultasi, atau jenis type pajak penghasilan yang lainnya.
Pemotongan PPh 23
  1. Setelah itu tinggal pilih kas dan Bank penerimaan / pembayaran dan klik Simpan Tutup.
Close Menu