Diskon Penjualan

Diskon Penjualan pada Accurate 5

Penjualan merupakan aktivitas perusahaan dimana kegiatan tersebut merupakan penghasilan utama dari perusahaan. Dimana barang dibeli dan distokkan kemudian barang tesebut akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli barang tersebut. saat menjual barang tersebut sering kali perusahaan memberikan diskon penjualan kepada pelanggannya.

Diskon Penjualan
Diskon Barang

Pada Accurate 5 ada 3 bagian  diskon, yaitu:

  1. Diskon barang yaitu, dimana saat memilih item barang maka kita masukkan diskon permasing – masing barang sesuai diskon yang sudah ditentukan.  Berikut cara inputnya, pilih aktivitas – penjualan – faktur penjualan, kemudian Masukkan nama pelanggan – nomor Inovice dan tanggal invoice dan syarat pembayaran (jika diperlukan ). Kemudian dibagian barang – pilih nama barang apa saja yang akan dijual, qty, harga jual, dan diskon permasing – masing barangnya.  Diskon dalam bentuk %, Atau dalam bentuk nilai rupiah. Apabila angka rupiah maka tambahkan tanda # diawal nilai angka, contoh #20000.
  2. Diskon Invoice yaitu, diskon yang diberikan perusahaan untuk pelanggan dalam satu invoice tersebut.  Apabila dalam satu invoice tersebut ada beberapa barang, maka jumlah subtotal akan diberikan diskon berapa % atau berapa rupiah. Pada modul faktur penjualan setelah mengisi nama barang sesuai dengan point 1 diatas, maka dibagian kaki akan muncul subtotal yang merupakan total dari seluruh barang pada invoice tersebut. Sesuai dengan kebijakan perusahaan, apakah akan memberikan diskon dibarang atau diskon invoice. Dibawah subtotal akan muncul 2 kolom diskon  yaitu kolom diskon persen (%) atau kolom diskon nilai (angka rupiah).
  3. Diskon Penerimaan, yaitu diskon yang diberikan perusahaan kepada pelanggan saat perusahaan menerima piutang pelanggan. Diskon ini biasanya sesuai dengan syarat pembayaran yang sudah dibuat pada faktur penjualannya. Contoh syarat pembayaran 2/10, n/30 yaitu apabila membayar piutang paling lama 10 hari dari tanggal invoice akan mendapatkan diskon 2% dan jatuh tempo pembayaran 30 hari.  Cara inputnya buka aktivitas – penjualan – penerimaaan penjualan. Kemudian pilih nama pelanggan, kas/bank penerimaa uang – no form – tanggal terima  kemudian centang pay/bayar no invoice yang  yang diterima dan dibagian total diskon klik kanan pilih Diskon/Info Write – Off. Masukkan jumlah diskon dan pilih akun penampung diskon tersebut.
Diskon Penjualan
Diskon Penerimaan
Close Menu