Biaya Pembelian Alokasi ke Barang

Alokasi ke barang dan pemasok lain

Pada perusahaan transaksi yang paling biasa dilakukan adalah transaksi pembelian dan penjualan. Saat melakukan transaksi pembelian sering kali ada biaya atau beban Pembelian dimana akan dialokasikan kebarang yaitu menambah modal atas barang yang dibeli. Selain itu biaya tersebut dialokasikan ke pemasok lain, maksudnya akan dibayarkan ke pemasok lain bukan ke pemasok barang.

Pada accurate 5 ada beberapa langkah untuk menginput transaksi Beban atas pembelian  yang dialokasikan ke barang dan pemasok lain, yaitu :

  1. Buat faktur pembelian dari module aktivitas – pembelian – faktur pembelian.
  2. Isi Vendor dari siapa  beli barang – isi form – no invoice – tanggal invoice –syarat pembayaran (apabila diperlukan ) seperti cara yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya.
  3. Dibagian barang input barang apa apa saja yang kita beli dan masukkan qty dan harga setiap barang tersebut.
  4. Dibagian Beban Pilih akun Beban , contoh : beban angkut pembelian, atau beban yang lain atas pembelian tersebut.
  5. Masukka nilai beban dibagian amount.
  6. Alokasi ke barang apabila beban tersebut akan menambah modal barang
  7. Centang ke pemasok lain apabila beban tersebut akan ditagihkan oleh pemasok lain, bukan pemasok yang menjual barang tersebut – pilih nama pemasoknya.
Biaya Pembelian
Faktur pembelian

Jadi saat sudah input transaksi tersebut maka akan membentuk jurnal hutang yang nilainya sebesar nilai barang saja, tidak termasuk nilai biaya atas pembelian. Berikut cara untuk membuat transaksinya saat pemasok lain tersebut memberikan tagihan biaya:

  1. Pilih modul pembelian – pembelian – faktur pembelian.
  2. Isi nama vendor yang memberikan tagihan – isi no form – no invoice dan syarat pembayaran.
  3. Dibagian kolom barang tidak perlu diisi, karena dari nama vendor tersebut hanya muncul tagihan untuk biaya.
  4. Dibagian Beban isi Biaya yang diinput sebelumnya sesuai dengan nilai yang ditagihkan. Alokasi ke barang dan alokasi ke pemasok lain tidak perlu dicentang, karena faktur pembelian ini merupakan tagihan biaya.
  5. Klik Beban dari tagihan, akan muncul No Faktur yaitu beban pembelian tersebut atas tagihan no faktur berapa?  Jurnal pada  tanggal faktur atau tanggal tagihan
  6. Akun selisih yaitu apabila nilai biaya atas pembelian pada faktur pembelian berbeda dengan nilai biaya pada tagihan maka selisih nya tersebut akan mempengaruhi akun apa, akaunnya bisa dipilih sesuai yang terdaftar pada daftar akun.
Biaya Pembelian
Tagihan Pemasok Lain
Close Menu