Memahami Laporan Keuangan di Accurate

Memahami Laporan Keuangan di Accurate

Sebuah perusahaan haruslah memahami laporan keuangan. Karena pada kenyataannya banyak perusahaan mengalami kegagalan dalam usahanya yang seringkali berasal dari pembelian, pedagangan, atau ekspansi yang berlebihan. Mengapa hal ini terjadi? Dikarenakan perusahaan kurang memahami kondisi keuangannya yang di karenakan tidak adanya laporan keuangan.

Laporan keuangan meruapakan sarana utama untuk membuat laporan informasi keuangan kepada setiap orang yang ada di perusahaan. Laporan keuangan itu terdiri dari 4 hal yaitu;

  1. Neraca
  2. Laba Rugi
  3. Arus Kas
  4. Perubagan Ekuitas

Posis keuangan perusahaan  ditunjukkan dalam laporan Neraca, yang diaman disebut juga sebagai laporan kondisi dan laporan posisi keuangan. Pada laporan ini ditunjukkan posisi keuangan usaha pada waktu tertentu. Neraca secara standard dilihat dari asset perusahaan di sebelah kiri dan kewajiban serta modal usaha pada sisi kanan.

Laporan Keuangan
Neraca

Laporan Laba rugi sendiri  merupakan sebuah laporan yang berisikan pendapatan atau penghasilan usaha dan beban – beban usaha dalam waktu periode  laporan keuangan.

Laba Rugi

Arus kas merupakan laporan yang berisi arus uang masuk dan uang keluar dari perusahaan dalam periode laporan keuangan. Dalam analisa perusahaan arus kas ini sangatlah penting untuk mevalidasi laporan laba rugi. Disini berisikan jumlah penghasilan dan beban yang di hasilkan perusahaan.

Arus Kas

Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan yang berisi perubahan  komposisi item-item dalam ekuitas. Laporan ini tidaklah sepenting tiga laporan yang tadi, karena pada laporan ini berisi soal laba yang tidak dibagikan kepada shareholder sebagai deviden yang nantinya akan di catat ke laba ditahan, pendapatan komprehensif, dan ekuitas untuk kepentingan pribadi.

Dalam program Accurate untuk laporan Neraca, Laba Rugi, Arus kas, dan perubahan Ekuitas, sudah dihasilkan secara real time. Sehingga para pelaku bisnis tidak perlu kerepotan untuk membuat laporan untuk menganalisa usahanya. Program Accurate ada program akutansi yang cocok digunakan untuk berbagai usaha, mulai dari usaha jasa, dagang, kontarktor ataupun produksi. Program Accurate sangat friendly sehingga mudah untuk digunakan setiap kalangan.

Close Menu