Pindah Barang antar Gudang

Pindah Barang pada Accurate 5

Pada Perusahaan fungsi gudang sangatlah diperlukan, dimana fungsi utamanya adalah untuk menyimpan stok barang yang akan dijual atau dipakai sendiri. Apabila pada perusahaan terdiri dari beberapa gudang, tentu perusahaan harus mengontrol jumlah stok pergudangnya. Dan terkadang perusahaan ingin menambah stok gudang A dengan memindahkan  dari stok gudang B. Berikut cara untuk pemindahan barang pada accurate 5.

Sebelum melakukan proses transaksi pindah barang, kita terlebih dahulu mengaktifkan fitur multi gudang, dari modul Persiaapan – Preferensi  – Pilih fitur dan centang Multi gudang dan kemudian klik ok. Maka otomatis fitur multi gudang akan aktif. Untuk mendaftarkan nama – nama gudang dari modul Daftar – persediaan – Daftar gudang kemudian Klik baru  dan isi kolom berikut :

  1. Nama Gudang yaitu tentukan nama gudang yang akan didaftarkan
  2. Keterangan yaitu apabila ingi membuat keterangan atas gudang tersebut.
  3. Alamat yaitu masukkan dimana alamat gudang tersebut
  4. Penanggung Jawab yaitu tentukan siapa nama orang yang bertanggung jawab atas gudang yang didaftarkan.
Fitur Multi Gudang

Setelah mendaftarkan gudang baru, untuk melakukan transaksi pindah barang antar gudang yaitu dari modul  aktivitas – Barang dan jasa – kemudian pindah barang dan isi kolomnya.

  1. Transfer No yaitu masukkan nomor transaksi untuk transfer barang
  2. Transfer Form yaitu tentukan dari nama gudang mana kita pindah barang (gudang pengirim)
  3. Transfer To yaitu tentukan ke gudang mana barang tersebut pindah (gudang penerima)
  4. Dari Alamat dan ke alamat yaitu akan otomatis muncul sesuai alamat yang didaftarkan saat daftar gudang.
  5. Description yaitu masukkan keterangan/memo tambahan atas transaksi pindah barang tersebut.
  6. Barang yaitu tentukan barang apa saja yang akan dipindahkan. Saat memilih  nama barang harus tentukan kuantitas dan satuan barang yang akan dipindah.

Setelah melakukan transaksi pemindahan barang maka stok gudang yang memindahkan akan berkurang dan sebaliknya stok gudang yang menerima barang akan bertambah secara otomatisnya.  Untuk mengecek stok gudang perbarang dari modul daftar – persediaan – Barang Pergudang. Nah pada modul tersebut akan menampilkan jumlah stok pergudangnya sesuai dengan tanggal komputer.

Pindah Barang
Pindah Barang

Close Menu