Penyesuaian Persediaan Accurate Online

Penyesuaian Persediaan Accurate Online

Penyesuaian Persediaan di Accurate Online, dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana membuat perintah stok opname dan hasil opname. Pada saat kita melakukan perintah dan hasil opname itu belum mempengaruhi persediaan dalam program. Agar barang opname dapat bertambah atau berkurang haruslah dibuat penyesuaian persediaan.

Fungsi dari penyesuai persediaan dalam Accurate Online sendiri adalah, untuk mengurangi atau menambah barang yang ada dalam perintah opname. Tetapi jika tidak melakukan perintah dan hasil opname, penyesuaian tetap dapat dilakukan sesuai barang yang kita pilih sendiri.

Untuk melakukan penyesuaian dapat dibuka dari Persediaan | Penyesuaian Persediaan | akan muncul format yang perlu diisikan yaitu :

Tanggal : isi tanggal berapakah kita melakukan penyesuaian atas barang tersebut.

No. Penyesuaian : isi dalam bentuk angka atau huruf atau alfanum untuk menentukan atau menandai bahwa No.penyesuaian tersebut untuk penyesuaian barang apa atau tanggal berapa.

Ambil : dibagian ini terdapat 2 pilihan, yaitu favorit dan pemindahan barang. Favorit adalah transaksi tersimpan kita, jadi kita bisa menarik nama barang yang ada ditransaksi tersimpan tersebut. Kemudian ada pemindahan barang, dalam accurate online ada namanya pemindahan barang dari Gudang A ke Gudang B. nah, setiap barang yang ada dalam pemindahan Gudang tersebut akan muncul jika memilih pemindahan barang pada saat dibuka penyesuaian persediaan.

Cari/Pilih barang : jika tidak ada barang difavorit ataupun di pemindahan Gudang, kita bisa mencari sendiri barang yang akan disesuaikan. Dengan mengklik cari/pilih barang maka semua nama barang yang ada dalam persediaan akan muncul. Klik salah satu barang yang ingin dibuat penyesuaiannya maka akan muncul format seperti ini

Format Penambahan Barang
Format jika kita memilih Penambahan

Tentukan apakah kita akan menambah atau mengurangi barang tersebut pada pilihan tipe penyesuaian. Misalnya barang tersebut awalnya 10 ternyata sebenarnya ada 15, maka kita akan pilih penambahan, bagian kuantitas kita ketik berapa penambahannya yaitu 5. Lalu dibagian kuantitas bisa kita ubah sebenarnya modal per satuan barang itu berapa. Jika kita memilih pengurangan maka yang harus kita isi hanya dibagian kuantitasnya saja.

Format Pengurangan Barang
Format jika kita memilih Pengurangan
Close Menu