Pesanan Pembelian dengan Uang Muka

Pesanan Pembelian Uang muka

Pesanan Pembelian merupakan tahapan proses pembelian ke vendor atau Pemasok. Dimana perusahaan melakukan pesanan pembelian atas barang – barang dari permintaan pembelian yang telah diinput  bagian gudang, atas barang yang sudah tidak tersedia. Berikut langkah penginputan pesanan pembelian dengan uang muka pada accurate;

  1. Vendor : Pilih nama pemasok kita beli barang,
  2. PO Number: Isi dengan penomoran PO perusahaan,
  3. PO Date : Isi tanggal PO barang
  4. Barang : Isi nama –  nama barang yang akan di pesan
Pesanan Pembelian
  • Kemudian klik uang muka yang berada diatas sebelah kiri. Otomatis akan masuk ke tahapan faktur pembelian.
  • Pada faktur pembelian isikan no invoice uang muka dari pemasok. Kemudian isi tanggal faktur uang muka pembeliannya, pada unit pricenya otomatis nilai nominal uang muka senilai pesanan. Jika nilainya tidak sesuai, bisa lakukan pengeditan pada unit price ketikkan berapa nilai uang muka yang dibayarkan.
  • Kemudian klik bayar pemasok untuk melakukan pembayaran uang muka pada pemasok. Otomatis akan diarahkan ke Pembayaran pembelian, disini pastikan payment datenya sesuai dengan pembayaran kita. Pada Bank pilih pembayaran uang mukanya dilakukan melalui bank apa atau melalui kas. Jika pembayaran melalui cek atau giro, maka pada cheque No isikan no cek atau gironya, dan pada cheque date isikan tanggal jatuh tempo cek atau giro.
  • Setelah ini selesai maka klik simpan tutup untuk menutup transaksi.
  • Jika nantinya tagihan atas pesanan pembelian yang telah di lakukan dating dan barangnya juga sekalian dikirimkan. Maka kita hanya perlu masuk ke modul pembelian dan pilih faktur pembelian. Setelah itu pada Vendor pilih nama pemasok kita pesan barang. Disebelah nama pemasok ada kotak pilih pesanan, klik tanda segitiga kebawahnya dan klik pilih pesanan dan centang no pesanan yang telah kita buat sebelumnya.
  • Kemudian pada Invoice No isikan no tagihan dari pemasok, Jika uang muka sebelumnya sesuai dengan nilai tagihan, maka kita tinggal simpan dan tutup. Namun jika nilai uang mukanya berbeda maka kita bisa lakukan pembayaran untuk pelunasannya.
Close Menu