Penyesuaian Stok pada Accurate5

Penyesuaian stok accurate 5

Penyesuaian stok persediaan barang dagang merupakan penyamaan qty stok pada gudang dengan qty stok yang ada pada program accurate 5. Persediaan barang adalah barang yang kita stokkan digudang dimana nantinya akan dijual atau dipakai sendiri. Pada accurate 5 kita bisa mengkontrol stok persediaan dengan beberapa gudang. Contoh kita bisa kontrol stok gudang A, stok gudang B, stok gudang C, dst. Apabila masing-masing gudang pada accurate stoknya tidak sesuai dengan stok digudang fisik kita melakukan penyesuaian stok pergudangnya.

cara melakukan penyesuaian stok antar gudang pada accurate:

Buka modul aktivitas – Barang & Jasa – Penyesuaian Persediaan. Kemudian isi fitur – fitur nya.

Penyesuaian Menambah stok
Menambah Stok
  1. Adj. No yaitu masukkan nomor transaksi penyesuaian persediaannya.
  2. Adj. Date yaitu kapan diakuinya transaksi penyesuaian persediaan.
  3. Adj. Account yaitu tentukan akun penampung untuk penyesuaian persediaannya.
  4. Descripton yaitu isikan keterangan atau memo untuk transaksi penyesuaian.
  5. Centang Value Adjustment yaitu apabila ingin menambah stok  pada accurate, maksudnya apabila stok fisik gudang lebih banyak dari pada stok gudang accurate, maka kita harus melakukan penambahan stok pada accurate. Berikut untuk mengisi penambahan stok penyesuaian, Item yaitu pilih nomor barang yang akan disesuaikan, Item description yaitu nama barang yang akan disesuaikan akan muncul otomatis saat pilih item barang. Unit merupakan satuan barang tersebut. Current Qty merupakan qty seluruh stok digudang saat ini pada accurate. New Qty merupakan  qty stok baru atas gudang tersebut, contohnya: pada gudang A qty 100pcs, gudang B qty 120pcs, gudang C qty 60pcs. Yang harus disesuaikan adalah qty gudang C seharusnya stok fisiknya 80 pcs.  Pada Current qty yang muncul 280pcs, karena akan menambah stok gudang maka pada New Qty isi 100pcs + 120pcs+80Pcs(stok sebenarnya gudang C)=300pcs. Current Value merupakan nilai persediaan pada accurate. New Value merupakan nilai persediaan sebenarnya yang ada digudang fisik. Gudang yaitu pilih nama gudang yang akan disesuaikan stoknya.
  6. Uncentang/tidak centang Value Adjustment yaitu apabila ingin mengurangi stok yang ada diprogram. Contoh pada gudang A qty 100pcs, gudang B qty 120pcs, gudang C qty 60pcs, seharusnya gudang C yaitu 50 pcs. Maka pada new qty isi 100pcs + 120pcs + 50 pcs=270pcs
Penyesuaian Mengurangi Stok
Mengurangi Stok
Close Menu