Pembelian Aktiva dari Faktur Pembelian

Pembelian Aktiva

Pembelian aktiva pada accurate bisa dilakukan melalui modul pembelian, melalui kas and Bank ke pembayaran dan melalui bukti jurnal umum. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas pembelian aktiva melalui modul pembelian . Berikut langkah –  langkahnya;

  1. Sebelum melakukan pembelian terlebih dahulu buat akun baru, dari daftar pilih daftar akun dan klik baru. Pada tipe akun pilih aktiva lancer lainnya dan nama akun bisa ketikan Transaksi aktiva tetap.
  2. Seteleh itu kita buat nama barang baru dari daftar klik barang dan jasa, dan kemudian klik baru. Untuk tipe barang pilih non persediaan, nama barang buat pembelian aktiva . Setelah itu klik ke bagian tab akun-akun, ubah seluruh akun disana kea kun Transaksi Aktiva Tetap yang tadi sudah kita buat.
Barang dan Jasa
Barang dan jasa
  1. Kemudian kita tinggal buat pembeliannya dari modul Pembelian klik faktur pembelian. Pada nama pemasok pilih nama pemasok kita beli aktiva nya, isi no Faktur penjualannya dan pada item pilih nama barang pembelian aktiva yang sudah kita buat. Pada unit price ketikan harga perolehan aktiva.
Pembelian
input pembelian
  1. Setelah selesai penginputannya tinggal klik bayar pemasok ketika pembeliannya ada melakukan uang muka atau pembayaran lunas.
  2. Jika sudah selesai penginputan pembeliannya, kita bisa masuk ke tahap input aktiva tetap nya pada modul Aktiva Tetap. Klik Aset tetap dan pilih aktiva tetap baru.
  • Pada Kolom Kode Aktiva isi dengan penomoran aktiva tetapnya
  • Pada kolom kode tipe aktiva pilih tipe aktiva yang dimasukkan
  • Keterangan diisi dengan nama aktivanya
  • Kuantitas diisi dengan kuantitas aktivannya
  • Umur bulan aktiva diisi dengan berapa tahun aktiva akan disusutkan
  • Metode Penyusutan diisi dengan metode penyusutan aktiva
  • Akun aktiva diisi dengan akun penampung nilai aktivanya
  • Akun akumulasi penyusutan diisi dengan akun penampung akumulasi penyusutan
  • Akun beban penyusutan diisi dengan akun penampung beban penyusutan
Pembelian Aktiva
Input Aktiva

6. Setelah selesai mengisi data aktivanya pada bagian umum, maka klik tab Pengeluaran. Pada tab pengeluaran pilih akun penampung pembelian tadi yaitu ke Transaksi aktiva tetap. Pada Jumlah masukkan nilai perolehan aktiva sesuai dengan yang diinput sebelumnya. Kemudian klik simpan tutup.

Close Menu