Daftar Aktiva tetap Pada AOL

Aktiva Tetap pada Accurate Online

Daftar aktiva tetap atau aset pada perusahaan sangatlah dikontrol, terutama untuk menghitung penyusutan aktiva tetap tersebut. Penyusutan aktiva tetap adalah alokasi sistematis jumlah yang dapat disusutkan dari suatu aktiva tetap selama umur manfaatnya.

Berikut cara untuk mendaftarkan Aset tetap pada accurate online:

Buka modul aset tetap – kemudian pilih aset tetap dan isi fitur – fiturnya.

Aset Tetap
Aset Tetap
  1. Nama, yaitu isikan nama aset tetap yang akan didaftarkan.
  2. Tanggal beli, yaitu tanggal berapa kita melakukan pembelian  aset.
  3. Tanggal Pakai, yaitu tanggal berapa kita mulai memakai aset tersebut, penyusutan aktiva akan dihitung mulai dari tanggal pemakaian bukan tanggal pembelian. Pada accurate online penyusutan aktiva tetap dihitung 2 kali pada 1 bulan, maksudnya apabila tanggal pemakaian mulai dari tanggal 1-15 maka penyusutan dihitung pada bulan itu juga, sedangkan pemakaian mulai tanggal 16 – akhir bulan maka penyusutan akan dihitung pada bulan berikutnya.
  4. Kode Aset, yaitu kode aset yang akan didaftarkan pada accurate online
  5. Pada Bagian infomasi umum ada beberapa data yang harus diisi. **Aset Tidak berwujud => centang apabila aset tersebut tidak berwujud. **Metode Penyusutan => pilih metode penyusutan yang sesuai dengan perhitungan penyusutan pada perusahaan. **Akun Aset => tentukan akun aset yang menampung nilai aset tersebut. **Akun akumulasi penyusutan => tentukan akun untuk menampung nilai penyusutan. **Akun beban penyusutan => tentukan akun untuk menampung nilai beban penyusutan. **Kuantitas => berapa banyak aset yang kita daftar (atas nama yang sama). **Umur aset=> berapa lama aset tersebut disusutkan. **Rasio => akan dihitung otomatis oleh program. **Nilai sisa => apabila aset tersebut mempunyai nilai sisa.
  6. Dibagian Info lainnya perlu diisi: **Kategori aset => termasuk kategori apa aset tersebut. **Cabang => aset terletak dicabang mana. **Departemen =>aset tersebut didepartemen mana. **Lokasi awal aset => isi apabila aset tersebut merupakan  pindahan dari gudang/cabang lain. **Catatan => catatan tambahan. **Pajak => centang apabila aset tersebut dikenakan pajak atau tidak.
  7. Dibagian RP perlu diisi, cari /pilih akun perkiraan  yaitu tentukan akun  dari mana kita mengeluarkan uang saat melakukan pembelian aset tersebut yaitu akun penampung transaksi aktiva tetap. Sebelumnya sudah dibahas cara untuk menginput pembelian aset di artikel sebelumnya.  Klik disini.
Daftar Aset Tetap
Daftar Aset Tetap
Close Menu