Pembelian Aktiva Tetap pada AOL

Pembelian Aktiva Tetap atau Aset pada AOL

Aktiva adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat usaha di kemudian hari. Pada Accurate online ada beberapa tahapan untuk menginput pembelian aktiva tetap. Berikut caranya :

** Pembelian Aset dengan fitur jurnal umum. Buat akun sementara sebelum aset tersebut didaftarkan kemodul aktiva tetap yang disediakan oleh accurate.

Cara membuat akun baru dari fitur buku besar – akun perkiraan – kemudian isi Tipe akun (Aset lancar lainnya) – isikan kode perkiraan  (isi sesuai urutan kode perkiraan  aset lancar lainnya) – kemudian nama akunnya (Transaksi Aktiva tetap).

Setelah kita membuat akun baru, kita input pembelian Aset dari buku besar – Jurnal umum – kemudian isi tanggal dan nomor transaksi jurnal. Dibagian cari/pilih akun perkiraan isi akunnya. Apabila pembayaran cash, maka jurnalnya : Transaksi aktiva tetap (debet) dan Kas/Bank (Kredit). Dan apabila transaksi pembeliannya secara kredit, maka jurnalnya, Transaksi aktiva tetap (debet) dan Hutang usaha (Kredit).

Pembelian Aktiva dengan Jurnal Umum
Jurnal Umum

** Pembelian Aset dengan fitur Pembayaran Kas & Bank. Penginputan ini dilakukan apabila pembelian Aset secara Cash. Inputnya dari fitur kas & bank  – pilih pembayaran. Kemudian pilih Kas/Bank dari mana mengeluarkan uang saat pembelian aktiva, kemudian isi nomor cek apabila pembayaran dengan cek, isi nomor pembayaran dan tanggal berapa dibayar. Kemudian dibagian cari/pilih akun pilih akun transaksi aktiva tetap dan nilainya. Maka otomatis akan membentuk jurnal Transaksi aktiva tetap(Debet) dan Kas/Bank(kredit).

Pembelian Aktiva dengan pembayaran Kas/Bank
Pembayaran Kas/Bank

** Pembelian Aset dengan fitur faktur pembelian.  Buka modul pengaturan – preferensi – akun perkiraan – dibagian Beban, penjualan, retur penjualan, diskon penjualan, retur pembelian isi akun Transaksi aktiva tetap pada masing-masingnya fiturnya.  Kemudian buat barang baru, dari module persediaan – barang dan jasa –  kemudian isi kategori, kode barang, nama barang, jenis barang pilih non persediaan dan tentukan satuannya.  Kemudian dibagian akun – akun isi transaksi aktiva tetap semuanya kecuali dibagian pembelian belum tertagih.

Buka modul pembelian – pilih faktur pembelian – kemudian isi nama pemasok dari mana kita beli aset, isi tanggal dan nomor form dan no faktur. Kemudian dibagian cari/pilih barang  pilih nama barang transaksi aktiva tetap dan masukkan nilai asetnya. Maka saat membuat faktur ini akan muncul jurnal Transaksi aktiva tetap(Debet) dan  Hutang Usaha (Kredit).

Pembelian Aktiva tetap dengan Faktur Pembelian
Faktur Pembelian
Close Menu