Restore Accurate 5

Restore data cadangan accurate 5

Restore  Accurate 5 adalah membuat database backupan atau data cadangan accurate 5 menjadi database asli yang bisa dibuka di program accurate 5 yang sudah diregister. Database merupakan tempat penyimpanan transaksi yang diinput pada program accurate 5. Database diaccurate ada 2 bagian, yaitu database asli ext “GDB” dan database backupan ext “GBK”.

Database Asli adalah database yang digunakan tiap hari yang merupakan tempat penyimpanan transaksi yang diinput tiap harinya, sedangkan database backupan adalah database cadangan. Fungsi database backup adalah apabila terjadi kerusakan pada database asli, maka masih ada data cadangan yang akan kita gunakan untuk melanjutkan transaksi selanjutnya.

Restore Database
Restore Database

Berikut cara untuk merestore database backup/mengubah database backupan menjadi database asli:

  1. Buka accurate 5  kemudian pilih Data Cadangan.
  2. Pilih Lokasi Local atau mesin lain. Local yaitu apabila membuka database dari komputer itu sendiri,  sedangkan mesin lain yaitu apabila membuka database dari komputer lain di satu lokasi yang sama yang terhubung dengan internet yang sama atau terhubung dengan kabel LAN dengan komputer yang kita gunakan.
  3. Cadangan dari => Pilih nama database backupannya. Contoh  D:\DATA\DATABASE.GBK
  4. Ke Database => Pilih folder untuk menyimpan database cadangan menjadi database asli. Contoh D:\DATA\DATABASEBARU.GDB
  5. Kemudian Save
  6. Setelah save maka akan masuk untuk  ke login database, masukkan user name dan pasword yang biasa digunakan saat membuka database.
Nama Berkas
Nama Berkas

Untuk membuat database cadangan di accurate sangatlah mudah, yaitu saat menutup database asli yang kita buka akan ada muncul pesan apakah Anda ingin membackup database? Kita hanya memilih Ya/Yes. Database backup kita akan tersimpan difolder dimana database asli kita disimpan.    

Database Backupan atau database cadangan tersebut bisa dipindahkan ke external Harddisk maxsimal seminggu sekali, agar apabila komputer server yang digunakan tiba-tiba rusak maka tetap ada data cadangan yang kita simpan pada external harddisk. Dan jangan sekali-kali menyimpan database asli tersebut dan membuka database dari external harddisk, karena external harddisk sering dicabut dan dipasang kembali ke berbagai komputer, jadi dominan bisa cepat rusak. Jadi fungsi external harddisk hanya untuk menyimpan data cadangan saja.

Close Menu