Limit Piutang Pelanggan di Accurate

Limit Piutang Pelanggan

Pada Sebuah Perusahaan retail atau dagang sales adalah ujung tombak perusahaan, dan konsumen menjadi raja. Sehingga sering sekali dilapangan perusahaan kurang mengontrol sales dan pelanggannya dalam transaksi penjualan. Sehingga sering sekali perusahaan merugi, karena banyaknya piutang yang belum dibayarkan dan pengontrolan yang kurang. Melihat hal ini perlu rasanya sebuah perusahaan mengontrol limit piutang atau batasan piutang dari pelanggannya.

Melalui limit piutang, perusahaan bisa mengontrol penjualan ke pelanggan dan salesnya sehingga piutang beredar tidak terlalu banyak, dan  untuk penyelewengan piutang akan kecil terjadi. Dengan adanya limit piutang perusahaan jadinya bisa membatasi pelanggan dan salesnya untuk melakukan penjualan yang berlebihan. Pada Accurate limit piutang sama dengan pembatasan piutang pelanggan yang dapat dilihat dari nominal piutang pelanggan atau berapa lama faktur beredar.

Di accurate settingan untuk membuat limit piutang pelanggan bisa dari:

Limit piutang
  1. Klik daftar | pelanggan | double klik di nama pelanggannya. Kemudian klik dibagian termin, dll .
  2. Pada Batasan Piutang silahkan isi batasan piutang yang akan di berikan kepada pelanggan;
  3. Jika tidak ada faktur beredar melebihi … hari : disini diisi berapa hari faktur pelanggan bisa telat melakukan pembayaran dari syarat pembayaran yang diberikan perusahaan.
  4. Jika piutang tidak melebih dari …. : Disini diisi nilai nominal batasan pelanggan bisa piutang berapa ke perusahaan.
  5. Kemudian klik OK.

** Ketika sudah melakukan settingan ini, namun ada pesanan penjualan atau faktur penjualan yang diinput dan sudah melebih batasan piutang pelanggan yang sudah kita tentukan maka:

  1. Klik persiapan |pilih profil pengguna | kemudian pilih nama user log in yang ingin dibatasi.
  2. Pada Tab penjualan, dibagian bawah uncentang melebihi batas
  3. Kemudian klik OK.

Pada level log in Admin, ketika menginput transaksi penjualan melebihi batasan piutang yang di tentukan akan bisa dilakukan. Namun akan muncul peringatan seperti berikut, yang ketika di klik yes akan tersimpan satu transaksi;

Pada level log in user, untuk membuat transaksi melebihi batasan piutang tidak akan bisa dilakukan. Karena yang muncul bukan peringatan namun error seperti berikut;

Close Menu