Pencatatan Beban pada Accurate Online

Pencatan Beban atau Biaya

Pencatatan beban pada accurate online ada beberapa variasi. Pencatatan dengan mengakui hutang (belum dibayar) atau pencatatan langsung dibayar (lunas). Beban merupakan pengeluaran uang dari kas/bank untuk membayar pengeluaran biaya perusahaan.

Berikut pencatatan hutang beban / beban belum dibayar pada accurate online :

Buka fitur buku besar – Pilih pencatatan beban dan berikut langkah-langkah penginputannya.

  1. Hutang Beban yaitu beban yang dicatat akan diakui menjadi hutang perusahaan. Untuk melihat akun perkiraan didatabase bisa lihat dari fitur buku besar – pilih akun perkiraan – lihat akun untuk hutang beban, apabila akun hutang beban belum terdaftar maka klik tombol tambah dan buat akun baru.
  2. Tanggal yaitu kapan kita mengakui beban tersebut dan dialokasikan ke hutang beban.
  3. No Beban yaitu masukkan nomor pencatatan beban tersebut.
  4. Jatuh Tempo yaitu kapan jatuh temponya beban tersebut atau kapan beban tersebut akan dibayarkan.
  5. Cari/Pilih akun perkiraan yaitu pilih beban apa saja yang akan dicatat, bisa lihat kembali daftar akun perkiraan yang sudah terdaftar seperti yang di point 1.
Pencatatan Beban

Setelah melakukan pencatatan beban maka perusahaan harus membayar dengan mengeluarkan kas/bank. Tanpa melakukan pencataan beban, perusahaan juga bisa langsung menginput transaksi pembayaran. Jadi langsung mengakui uang keluar dari kas/bank tanpa mengakui hutang terlebih dahulu.

Berikut cara untuk pembayaran biaya pada accurate online, pilih fitur kas/bank – pilih pembayaran. Kemudian berikut langkahnya:

  1. Kas/Bank yaitu pilih uang yang kita keluarkan untuk membayar biaya tersebut dari kas/bank mana.
  2. No Cek yaitu masukkan nomor cek apabila perusahaan membayar beban tersebut dengan cek.
  3. No Bukti yaitu isi nomor bukti pembayarannya.
  4. Tanggal yaitu isi tanggal berapa melakukan pembayaran beban tersebut.
  5. Cari / Pilih akun yaitu pilih akun beban apa saja yang akan dibayarkan(apabila memilih akun maka transaksi ini adalah pembayaran beban langsung tanpa mengakui hutang.
  6. Pilih ambil(warna hijau sebelah kanan) – pilih pencatatan beban – pilih nomor pencatatan mana yang akan dibayarkan(untuk membayar beban yang masih diakui hutang sebelumnya.
Pembayaran Beban
Pembayaran Beban

Pencatatan tersebut berfungsi untuk mengkontrol biaya-biaya yang sudah kita bayar atau belum, dan pencatatan ini sangat berpengaruh ke perhitungan laba – rugi persuhaan.

Close Menu