Pembelian dan Penjualan

Penjualan & Pembelian pada accurate 5

Pembelian dan penjualan barang dagang adalah hal yang sangat biasa dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dibidang dagang.  Pembelian dan penjualan yang dilakukan perusahaan sangat berpengaruh ketersediaan  stok barang digudang.

Software accurate 5 menyediakan fitur pembelian dan penjualan untuk mengontrol pembelian dan penjualan barang di perusahaan dan mengontrol barang masuk dan barang keluar.

Tahapan untuk menginput faktur pembelian, yaitu:

  1. Permintaan Barang (Purhase Requestion) yaitu apabila stok digudang sudah sedikit dan harus ditambah lagi, maka bagian gudang melakukan permintaan barang ke bagian pembelian.
  2. Pesanan Pembelian (Purhase Order) yaitu apabila bagian pembelian menerima permintaan pembelian dari gudang kemudian memesan barang tersebut ke pemasok.
  3. Penerimaan Barang (Receive Item) yaitu apabila barang yang dipesan oleh bagian pembelian telah diterima oleh bagian gudang. Maka saat penerimaan barang digudang akan bertambah. Untuk penerimaan barang bisa saja beberapa kali dari 1 nomor pesanan.
  4. Faktur Pembelian (Purchase Invoce) yaitu apabila pemasok memberikan invoice atas pesanan barang yang sudah diterima .
  5. Retur Pembelian (Purchase Return) yaitu apabila barang yang sudah dibeli ternyata ada yang tidak sesuai dengan pesanan atau barangnya rusak, maka kita kembalikan ke pemasok dan akan mengurangi stok digudang.
  6. Pembayaran pembelian (Purchase Payment)  yaitu melakukan pembayaran atas hutang pembelian yang invoicenya sudah diterbitkan.
Fitur Pembelian
Fitur Pembelian

Tahapan untuk menginput faktur penjualan, yaitu:

  1. Penawaran Penjualan (Sales Quotation) yaitu perusahaan menawaran persediaan baran kepada pelanggan.
  2. Pesanan Penjualan (Sales Order) yaitu proses mencatat apabila barang  yang ditawarkan dipesan oleh pelanggan.
  3. Pengiriman Pesanan (Delivery order) yaitu apabila barang yang dipesan oleh pelanggan  telah kita siapkan dan stok diperusahaan masih mencukupi, maka kita kirimkan barang ke alamat pelanggan. Saat melakukan pengiriman maka stok digudang akan otomatis berkurang.
  4. Faktur Penjualan(Sales Invoice) yaitu apabila kita berikan tagihan kepada pelanggan atas barang yang sudah kita kirimkan.
  5. Retur Penjualan yaitu barang yang telah kita kirimkan kepada pelanggan tidak sesuai atau barang rusak, maka pelanggan mengembalikan barang nya dan kita dan akan menambah stok digudang.
  6. Penerimaan Penjualan (Receive Payment) yaitu apabila pelanggan melakukan pembayaran atas invoice yang telah kita berikan atas pesanan pelanggan.
Fitur Penjualan
Fitur Penjualan
Close Menu