Penjualan Aktiva Tetap

Penjualan Aktiva Tetap Accurate5

Penjualan Aktiva Tetap di Accurate5, perusahaan selalu mempunya aktiva tetapnya sendiri. Tapi bagaimana jika aktiva tersebut tidak digunakan lagi? Atau bagaimana jika aktiva tetap tersebut sudah dijual? Bagaimana penginputannya?

Di Accurate5 kita bisa membuat atau mengiput penjualan aktiva tetapnya. Dalam artikel ini, saya akan memberi tahu cara atau step bagaimana penginputan penjualan aktiva tetap di Accurate5.

Pertama kita cek dulu Aktiva Tetap mana yang ingin dijual

Dari modul DAFTAR | AKTIVA TETAP | DAFTAR AKTIVA TETAP. Setelah itu, pilih aktiva mana yang ingin perusahaan jual, klik dua kali sampai masuk ke dalam Aktiva Tetapnya.

Nah, di dalam nama Aktiva Tetap tersebut terdapat pilihan Dispos. Dispos ini digunakan apabila terdapat Aktiva Tetap yang ingin di hentikan penyusutannya atau apabila terdapat Aktiva Tetap yang ini dijual.

Pada saat kita memilih Dispos, akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini

1 . Tgl Pemberhentian : isi tgl berapakah perusahaan akan melakukan pemberhentian terhapat nilai penyusutan Aktiva Tetap yang ingin dijual.

2 . Akun Tambah/Hilang : isi akun yang akan terpengaruh pada saat perusahaan menjual Aktiva Tetapnya. Akun yang dipilih hanya Beban atau Pendapat, gunanya adalah apabila perusahaan menjual Aktiva Tetapnya lebih rendah dari nilai buku akuntansi/sisa nilai Aktiva Tetap yang belum disusutkan maka akun yang dipilih bisa akun Beban. Dan sebaliknya, apabila perusahaan menjual Aktiva Tetapnya lebih tinggi dari nilai buku akuntansi/nilai sisa Aktiva Tetap yang belum disusutkan maka akun yang dipilih bisa akun Pendapat. Tetapi hal ini berpulang kembali pada perusahaan masing-masing, apakah perusahaan tersebut memiliki akun lain selain akun yang di beri option tersebut.

3 . Kuantitas : jika jumlah Aktiva Tetap ada lebih dari 1, perusahaan dapat menentukan sendiri berapa kuantitas yang akan dijual.

4 . Penjualan Aktiva Tetap : modul ini harus dicentang jika perusahaan menjual Aktiva Tetapnya.

5 . Harga Aktiva & Akun : perusahaan menentukan berapa harga jual Aktiva Tetap yang ingin dijual. Akun yang dipilih ialah Kas/Bank, yang merupakan tempat menampung uang yang masuk dari penjualan Aktiva Tetap tersebut.

Apabila sudah sampai step terakhir, kita dapat simpan dan tutup daftar Aktiva Tetap ini, maka nilai penyusutan akan Aktiva Tetap tersebut akan dihentikan juga.

Close Menu