Pencatatan Biaya di bayar dimuka

Pencatatan Biaya Dibayar Dimuka Pada Accurate

Beban di bayar dimuka dalam akuntansi diartikan semua beban-beban yang sudah di bayarkan, namun dalam pengakuan di pencatatan pembukuan beban tersebut baru di bayar diperiode akuntansi yang akan datang. Sebagaimana kita tahu bahwa adakalanya sebuah perusahaan membayarkan biaya dimuka untuk keperluan usaha, padahal biaya tersebut seharusnya dibebankan pada periode berikutnya.

Biaya dibayar dimuka karena tidak dibebankan pada periode tersebut, maka saat pencatatan dianggap sebagai aktiva pada neraca. Para pelaku bisnis biasanya tidak membedakan untuk biaya dan biaya dibayar di muka. Padahal dalam pencatatannya kedual halo itu berbeda, karena biaya di catat pada laba /  Rugi dan biaya dibayar di muka dicatat pada Nerca.

Pada Praktek bisnis biaya di muka biasanya digunakan untuk transaksi yang memiliki keterikatan. Misalnya biaya sewa di muka, biaya asuransi dimuka, atau biaya lainnya. Dalam accurate untuk mencatat transaksi biaya dimuka, dapat dilakukan dengan langkah berikut;

  1. Buat nama akun baru sebagai akun penampung untuk biaya di muka. Langkahnya, klik daftar kemudian pilih daftar akun dan klik baru. Pilih tipe akunnya aktiva lancar lainnya, kode akun sesuai penomoran kita, dan untuk nama akunnya sewa dibayar dimuka.
  2. Kemudian ketika kita melakukan pembayaran nya bisa lakukan dari buku besar , klik bukti jurnal umum. Kita buat jurnalnya sewa dibayar dimuka di debit dan kreditnya bank / kas .
  • Untuk pengakuan biayanya pada periode berikutnya, kita tinggal buat jurnal pembalik. Ketika uang sewanya ingin di susutkan setiap bulannya selama 12 bulan maka kita bisa buat transaksi berulang. Langkahnya kita buat jurnal pengakuan biayanya dari buku besar dan klik bukti jurnal umum; Kemudian klik transaksi berulang di sebelah kiri atasnya, dan buat 12 kali jika disusutkan 12 kali. Setelah itu klik simpan dan tutup.

Untuk melihat transaksi berulang yang sudah kita buat, bisa kita cek dari daftar kemudian klik transaksi berulang. Disana akan muncul transaksi transaksi berulang yang sudah kita buat. Jika ingin membuat fakturnya, tinggal klik pembayaran bulan berapa dan klik buat faktur.

Close Menu