Pembelian Aktiva Tetap

Pembelian Aktiva Tetap Accurate 5

Pembelian Aktiva Tetap di Accurate5 dalam perusahaan. Setiap perusahaan pasti ada yang namanya asset perusahaan, karna asset merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan.

Ada beberapa point yang harus diisi untuk mendaftarkan aktiva tetap, yaitu:

1 . Tipe Aktiva Tetap pajak

Dalam pilihan ini, perusahaan mengisikan apa saja golongan aktiva atau asset yang dimiliki. Diinput juga metode penyusutan serta estimasi penyusutan aktivanya untuk pelaporan pajak.

2 . Tipe Aktiva Tetap

 Perusahaan harus mengisikan tipe asset apa saja yang terdapat dalam perusahaannya, contohnya kendaraan, bangunan dan sebagainya. Lalu juga ditentukan tipe aktiva tetap pajaknya sesuai dengan tipe aktiva masing-masing. Modul ini berhubungan dengan tipe aktiva tetap pajak.

Setelah 2 point diatas sudah dipenuhi atau sudah dilengkapi. Barulah perusahaan mencatat daftar aktiva yang dibeli.

Aktiva atau asset dapat diinput dari Aktivitas | Aktiva Tetap Baru

Dalam modul ini, perusahaan wajib mengisikan

1 . Kode Aktiva : hanya sebagai penanda, contohnya untuk mobil ABC, kode aktiva nya ada 1001. Jadi pada saat perusahaan ini mencari aktiva tersebut, bisa mencari melalui kodenya.

2 . Tipe Aktiva : untuk menentukan aktiva tersebut di anggap sebagai tipe aktiva apa. Seperti contoh dipoint pertama, untuk mobil tipe aktivanya kendaraan contohnya.

3 . Tgl Beli & Tgl Pakai : diisi sesuai dengan tgl berapa perusahaan membeli asset nya dan tgl berapa dilakukan pemakaian.

NB :        Penyusutan dihitung berdasarkan tgl pakai. Dari tgl 1 s/d 15 disusutkan pada bulan yang bersangkutan. Dari tgl 16 s/d seterusnya disusutkan ke bulan depan

4 . Keterangan & Kuantitas : diisi apa nama asset yang dibeli dengan berapa kuantitasnya. Contohnya Mobil ABC

5 . Umur Bulan Aktiva & Metode Penyusutan : diisi berapa tahunkah aktiva atau asset itu akan disusutkan dan dengan metode penyusutan apa akan disusutkan.

6 . Akun Aktiva, Akun Akum. Penyusutan & Akun Beban Penyusutan : diisi sesuai dengan akun” yang perusahaan tentukan sendiri. Maka setiap di lakukan penyusutan, nilai penyusutannya akan mempengaruhi atau di bebankan kea kun yang sudah di tentukan.

Nah, pada saat perusahaan membeli sebuah asset pasti ada yang namanya pengeluaran uang.

7 . Pengeluaran : di isi nama kas/bank pengeluaran uang untuk membeli aktiva atau asset perusahaan tersebut. Dengan begitu, uang akan berkurang secara otomatis dalam kas/bank

Close Menu