Pencatatan transaksi keuangan

Pengertian Pencatatan Keuangan

Pencatatan transaksi keuangan yang di lakukan oleh individu, kelompok, atau sebuah perusahaan disebut Pembukuan. Pembukuan berfungsi untuk mencatat setiap transaksi pengeluaran maupun transaksi pemasukan , yang nantinya akan menghasilkan sebuah laporan. Jadi bisa dikatakan bahwa pembukuan sangat lah penting bagi kehidupan bermasyarakat, terlebih bagi sebuah perusahaan. Dimana dari pembukuan yang dibuat sebuah perusahaan dapat melihat untuk rugi usahanya, ataupun melihat bagaimana progress pergerakan perusahaannya.

Dewasa ini banyak perusahaan kurang mengontrol pembukuannya, karena masih manual sehingga mengakibatkan mereka keteteran untuk mencek hutang piutangnya. Bahkan tidak jarang akhirnya perusahaan terpaksa gulung tikar, karena pembukuannya yang tidak baik. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan.

Pembukuan berbeda dengan akutansi, dimana akutansi dilakukan oleh seorang akutan. Akutan adalah orang yang menyusun laporan dari transaksi keuangan ahli pembukuan. Jadi setiap proses pencatatan keuangan merupakan proses pembukuan. Sehingga seorang ahli pembukuan dan ahli akuntan memiliki keterkaitan erat dalam menghasilkan sebuah laporan.

Hubungan keterkaitan ini sama dengan hubungan Program dengan pembukuan. Dimana dengan kemajuan jaman telah banyak menghasilkan program pembukuan yang memudahkan pembukuan dan akutan untuk mencatat, memeriksa, dan menghasilkan laporan keuangannya. Perusahaan – perusahaan saat ini banyak beralih dari pencatatan manual ke program pembukuan untuk mempermudah mereka dalam mencatat transaksi pembukuannya.

Accurate merupakan salah satu program pembukuan yang saat ini banyak digunakan dalam pencatatan pembukuan perusahaan. Accurate menjadi program Top Brand selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Jadi sudah tidak diragukan kredibilitas program Accurate dalam membantu pencatatan pembukuan untuk menghasilkan laporan yang akurat.

Accurate sangat popular digunakan pada perusahaan dagang dan jasa, karena bisa langsung update stok dan menghasilkan laporan secara real time. Banyak kemudahan yang diberikan Accurate dalam menghasilkan laporan keuangannya.

Dimulai dari program yang user friendly, laporan keuangan yang terperinci sehingga mudah di pahami, dan modul – modul pembukuan yang sudah lengkap. Accurate memiliki tiga varian untuk berbagai jenis usaha yaitu Accurate Standard, Accurate Deluxe, dan Accurate Enterprise.

Close Menu