3 Tips Mengatur Keuangan yang WAJIB Dilakukan

Persiapkan impian dan keinginanmu dalam sebuah tulisan

Sebelum membaca artikel ini , cantumkan semua daftar impian dan keinginanmu. Saat itulah, kamu akan mulai belajar untuk memprioritaskan yang mana harus kamu capai terlebih dahulu. Tentukan dengan menggunakan skala prioritas sesuai yang kamu suka. Misal, kamu memakai angka skala mulai dari 1 (terendah) hingga 10 (paling tinggi).

1. Buat Anggaran Bulanan Pribadi

Dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, hal yang paling jarang kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Hal ini biasa dilupakan karena kamu selalu berpikir bahwa pengeluaran kamu selalu bisa kamu tangani, padahal masih banyak kesalahan yang terjadi dalam pengaturan keuanganmu setiap bulannya.

Untuk itu, kamu harus mulai membagi pengeluaranmu ke dalam dua bagian, primer dan tersier. Kebutuhan primer bisa kamu jabarkan masing-masing anggarannya, seperti makan, ongkos transportasi, tagihan listrik, segala jenis cicilan, dan lain sebagainya.

Jika sudah membuat kerangka tersebut, baru kamu dapat menentukan kebutuhan terseir seperti hang out bersama kerabat, jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri, hingga shopping.

2. Bikin Skema Tabungan

Hal yang juga sering terlewat dalam setiap pengeluaranmu adalah tabungan. Sudah seberapa sering kamu menyisihkan gaji untuk tabungan? Tentu tidak banyak di antara kamu yang sudah melakukan poin dari tips mengatur keuangan satu ini.

Apabila impian dan keinginan kamu ingin tercapai, menabung adalah cara paling efektif untuk bisa mendapatkan itu semua. Namun, jangan sampai menabung malah membuatmu tersiksa karena terlalu memaksakan diri untuk mendapat impian dan keinginan secepat mungkin.

Menyambung poin pertama, setelah kamu tahu prioritas pengeluaranmu, dari situ kamu sudah tahu seperti apa skema tabungan yang bisa kamu lakukan setiap bulannya. Jika memang kamu hanya mampu menabung 20% dari gaji, maka lakukan itu. Jangan memaksakan diri hingga akhirnya kamu mengorbankan banyak hal dan menjadi tidak bahagia.

3. Gunakan Manfaat Asuransi

Siapa yang masih menyepelekan asuransi? Memang kesadaran untuk berasuransi di Indonesia masih sangat kecil. Padahal, asuransi itu sangat penting ketika itu dibutuhkan. Untuk membuat penjelasan yang baik, mari gunakan contoh sebagai berikut.

Apabila seseorang tiba-tiba sakit dan harus dirawat inap, tentu nantinya pembayaran rumah sakit akan menggunakan uang dari manapun itu berada. Baik itu dari uang jajan yang sudah direncanakan dengan baik, atau bahkan harus mencolek uang tabungan yang sudah dikumpulkan selama berbulan-bulan.

Tentu itu akan membuat impian dan keinginan menjadi semakin jauh. Mungkin seharusnya, impian dan keinginan tersebut bisa didapatkan dalam waktu dua bulan lagi. Namun, karena harus masuk rumah sakit secara tiba-tiba, rencana kamu jadi mundur. Nah,Jadinya manfaatkan asuransi sebaik mungkin.

Itu dia cara-cara mengatur keuangan yang dapat kamu lakukan untuk bisa mencapai semua impian dan keinginanmu, sesuai dengan prioritas yang bijak. Yuk, mulai mengelola keuangan dengan cermat dan pastikan kamu terlindungi dari asuransi kesehatan terbaik.

Close Menu