Cara Mudah bisa Bahasa Inggris dengan cepat

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling banyak digunakan atau dipelajari hampir semua negara untuk saat ini. Karena itu kebutuhan berbahasa internasional ini, janganlah dianggap remeh.Namun, Banyak orang yang masi kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Nah, Kali ini kita akan membahas beberapa cara agar bisa memahami/mengerti bahasa Inggris dengan mudah.

Image result for learning pictures

Nikmati lagu berbahasa Inggris

Pastinya mengingat beberapa lagu inggris tidaklah susah, bukan? Banyak lagu berbahasa Inggris yang keren, dengan pemusik ternama. Buat yang suka lagu pop bisa tuh dengar karya dari Bruno Mars, Shawn Mendes, Ed Sheeran, Camilla Cabello, dan banyak lagi. Saking luas genre musiknya, kamu punya banyak pilihan lagu untuk mempelajari liriknya, tinggal pilih mana lagu yang paling kamu sukai. Seterusnya tinggal nikmati lagu tersebut, kamu bakal menemukan vocab yang baru ataupun yang tak pernah didengar.Carilah arti tersebut dari google translate ataupun kamus lain.Pastinya dengan cara ini,anda akan lebih mudah mengingat.

Nonton film dengan subtitle Bahasa Inggris

Nah,cara selanjutnya bisa dari menonton film. Siapa yang tidak suka nonton film? Buat yang masih mau belajar, tak usah memaksakan diri nonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle, takutnya pusing sendiri. Bukan berarti juga nontonnya pake subtitle Indonesia yah, nanti nontonnya lebih fokus ke cerita film tanpa ada kosakata baru yang diperoleh. Cobalah menggunakan subtitle Bahasa Inggris, supaya kamu bisa sekalian belajar. Kalau kamu benar-benar ingin mengikuti alur cerita filmnya, pastinya kamu harus mengerti arti dari kata bahasa Inggris tersebut. Jangan berpikir susah, zaman sekarang akses kamus Bahasa Inggris tuh sudah begitu mudah. Nah, kalau sudah yakin dengan kemampuan Bahasa Inggris-mu, jangan ragu-ragu lagi buat nonton film Inggris tanpa subtitle, supaya tak hanya expert vocabulary-nya, kemampuan listening kamu pun dilatih.

Rajin membuka kamus dan kumpulkan vocabulary baru

Image result for vocabulary

Yap. Belajar bahasa itu tak bakal jauh-jauh dari yang namanya ‘kamus’, dan ini berlaku juga bagi yang belajar Bahasa Inggris. Apalagi bagi pemula, kamus Bahasa Inggris merupakan teman terbaik. Contohnya saja saat melakukan cara nomor satu dan dua diatas, kosakata baru dari lirik lagu, maupun dialog pada film yang kamu nikmati ‘arti’-nya kamu tahu melalui kamus. Pokoknya, jangan malas buka kamus bila ada kosakata Bahasa Inggris baru yang kamu temukan baik dari apa yang kamu baca atau dengarkan. Banyak juga akses kamus bebas ayng tidak rumit, sebut saja salah satu google translate . Mengenal banyak kosakata baru sangat membantu dalam memahami struktur Bahasa Inggris.

Kalau sulit mengingat kosakata yang baru saja kamu artiin, cobalah tulis kosakata baru tersebut ke dalam catatan kecil. Dan cobalah kamu baca kembali pada waktu luang. Setelah terbiasa melakukan hal ini, lama-lama tanpa sadar kamu tidak perlu melihat ke notes vocabulary-mu lagi, karna sudah cukup mengerti Bahasa Inggris.

Dengar Podcast Bahasa Inggris

Podcast merupakan file audio digital yang tersedia untuk didownload di internet. Nah, banyak sekali program belajar Bahasa Inggris yang mengunggah Podcast berbahasa Inggris. Lewat Podcast, kamu bisa melatih skill mendengar kamu. Seperti halnya musik dan lagu, topik yang dibahas pada Podcast bukan hanya seputar belajar Bahasa, kamu bisa menemukan berbagai Podcast dengan beragam topik. Ada podcast yang membicarakan tentang berita, film, komedi, kuliner, dan banyak lagi. Akses podcast juga bisa kamu temukan baik lewat website di internet, maupun aplikasi podcast dari gadget kamu. Ada banyak rekomendasi channel podcast bagus buat kamu belajar bahasa Inggris, seperti : Voice of America Learning English, ESL Podcast, Elementary Podcasts by British Council, dan sebagainya. Selain melatih kemampuan mendengar Bahasa Inggris, kamu juga bisa menemukan wawasan dan informasi baru melalui podcast, lho.

Praktik langsung menulis, membaca, dan berbicara dengan native speaker

Tanpa ada praktik langsung, ilmu yang kamu dapatkan lambat menampilkan perkembangan yang signifikan. Cobalah praktikan, walau mungkin bukan dalam lingkungan pengguna aktif Bahasa Inggris, kamu bisa mencari sarana lain melalui sosial media misalnya. Tak harus sempurna untuk mulai berbicara dalam Bahasa Inggris dengan orang asing. Malah selama praktik bicara ini, kamu akan menemukan wawasan baru, entah pronunciation-nya ataupun hal lainnya. Tak usah pusing dengan tata bahasa yang hancur, selama lawan bicara mengerti, komunikasinya akan berjalan baik.

Praktik selanjutnya, membaca buku Bahasa Inggris! Sulit? Tidak kok. Mulailah dulu dari buku tipis misalnya buku cerita anak-anak yang biasanya menggunakan bahasa yang sederhana. Saat sudah yakin dengan kemampuan kamu, beranilah menantang dirimu dengan membaca bacaan yang lebih berat seperti contohnya buku diatas. Selagi kamu membiasakan diri dengan membaca buku Bahasa Inggris, tanpa sadar kamu sudah mulai membiasakan dengan Bahasa Inggris dalam struktur literaturnya.

Selain membaca, tuangkanlah hasil belajarmu melalui tulisan. Yang sederhana saja tidak apa-apa kok. Misalnya tulisan jurnal harian yang paling simpel. Disini kamu belajar pula bagaimana cara spelling atau pengejaan. Sekalian latihan menghindari typo lagi pas chat dalam Bahasa Inggris.

Itu dia 5 cara mudah belajar Bahasa Inggris. Jangan lupa, hasilnya gak bakal kelihatan langsung kalau kamu malas-malasan rutin melakukannya. Kalau kamu benar serius mau mempelajarinya, jangan malas-malas yah. Mempelajari sesuatu gak bakal dapat hasilnya secara instan. Hasilnya bakal kamu raih kalau tekun dan berlatih terus-menerus. Ulangi lah terus sampai lama-lama belajar Bahasa Inggris jadi kebiasaan, dan manfaatnya bakal kamu rasakan.

Close Menu