Persediaan merupakan harta perusahaan

Persediaan merupakan harta perusahaan yang siap untuk dijual, pada akhir periode akuntansi. Dapat dibayangkan ribetnya mengurus stok yang masih menumpuk terlebih jika masih ada beberapa data yang belum terinput. Itulah salah satu masalah yang akan Anda hadapi mengenai persediaan. Sebenarnya masalah tersebut dapat dihindari jika Anda mengontrol dengan rapi dan sistematis dari awal. Namun, seperti yang diketahui tidak mudah mengelola stok. Kalau yang jumlahnya banyak tentu akan menyebabkan biaya pengelolaan yang besar pula, selain itu resiko kerusakan juga meningkat. Sementara jika stok sedikit dapat menyebabkan stock out. Semua akan terlihat serba salah.

Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir untuk mengelola stok. Karena kini sudah tersedia software akuntansi dengan metode pencatatan yang tersistem dengan komputer. Software akuntansi terbaik akan memiliki menu atau fitur untuk mengontrol stok, pembelian, penjualan dan fungsi-fungsi lain yang berhubungan dengan persediaan. Berikut beberapa tips mengelola persediaan dengan menggunakan software akuntansi:

Mengatur Isi Gudang

Mengatur ulang isi gudang bukan bagian dari software akuntansi tetapi kegiatan ini sangat penting dalam pengelolaan persediaan terutama jika persediaan jumlahnya sangat banyak. Pada langkah ini Anda dapat mengatur ulang isi gudang. .

 

Lakukan Penginputan Transaksi Secara Teratur

Salah satu sebab buruknya pengelolaan persedian adalah karena pencatatan yang tidak teratur sehingga terkadang ada beberapa transaksi yang lupa tidak tercatat. Selain itu juga karena bukti pencatatan yang hilang, masalah ini biasanya dialami oleh perusahaan yang masih menggunakan sistem manual dalam pencatatannya. Oleh karena itu maka lakukanlah penginputan transaksi secara teratur. Jika Anda merasa repot, Anda dapat menggunakan software akuntansi accurate online sehingga penginputan dapat  Anda lakukan di mana pun dan kapan pun.

Monitoring & Evaluasi Laporan Persediaan

Dengan menggunakan software akuntansi maka laporan persediaan dapat langsung Anda peroleh setelah penginputan semua transaksi selesai. Software akuntansi memiliki sistem yang terotomatisasi sehingga saat transaksi di-input, maka sistem akan memprosesnya, dan laporan persediaan dapat Anda lihat  dan pantau dengan cepat dan mudah. Adanya sistem realtime dalam software akuntansi juga memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi dan monitoring secara cepat, dimanapun dan kapanpun meskipun Anda sedang tidak berada di kantor.

Bagaimana, mudah bukan? salah satu software akuntansi terbaik yang menyediakan fitur pengelolaan stok adalah Accurate Online. Accurate Online merupakan software akuntansi online berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Accurate Online memiliki fitur Inventory yang dapat membantu Anda mengelola stok.

Close Menu