RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

 RAB (Rancangan Anggaran Biaya) merupakan daftar perhitungan rincian anggaran biaya yang dibutuhkan sebelum melakukan pekerjaan pembangunan sebuah rumah misalnya. RAB harus mencakup dari keseluruhan kebutuhan pekerjaan tersebut, baik itu biaya material atau bahan yang diperlukan, biaya alat (sewa atau beli), upah pekerja dan biaya lainnya yang diperlukan.  Bahkan biaya yang harus dipersiapkan untuk pungutan liar atas truk pengangkutan bahan bangunan yang dilakukan juga harus dimasukkan.

Secara umum RAB terdiri dari 2 komponen utama yaitu

  1. Volume Pekerjaan

Volume pekerjaan RAB dapat diperoleh dengan cara melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasarkan kebutuhan real di lapangan

2.  Harga Satuan

Harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti;

  • Bahan atau Material

Dalam harga bahan harus sesuai dengan kondisi lapangan dan harus turut memperhitungkan fluktuasi harga serta ketersediaan bahan atau material tersebut di pasaran. Selain itu, faktor susut atau faktor kehilangan material juga harus turut diperhitungkan memngingat hal tersebut akan berpengaruh cukup besar pada biaya RAB.

  • Upah Tenaga Kerja

penetapan biaya tenaga kerja dipengaruhi beberapa hal seperti kondisi tempat kerja, lama waktu kerja dan keterampilan tenaga kerja itu sendiri.

Penginputan RAB di Modul Proyek Accurate 5

Di Accurate 5 terdapat modul proyek yang memiliki cara kerja dengan adanya pencatatan  RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Sebelum memulai penginputan proyek ini, Anda harus menginput material dan upah nya di master bahan baku dan upah pekerja. Anda juga harus menginput harga standart anggaran proyek terhadap bahan dan juga upahnya. Pencatatan standart anggaran bahan diinput dari modul : Daftar (bagian atas) | Proyek | Peny. Anggaran & Harga Bahan. Sedangkan untuk pencatatan standart anggaran upah diinput dari modul : Daftar (bagian atas) | Proyek | Peny. Anggaran & Upah Proyek.

 

Masukkan pekerjaan proyek yang hendak Anda buat dengan menekan tombol “pekerjaan baru”. Pada bagian bawahnya Anda masukkin material dan biaya upah pekerjanya.

Jika pekerjaan itu Anda ingin subcon ke pemasok lain, maka setelah Anda masukkan nilai material dan biaya upah sesuai dengan RAB nya, maka di sebelah kanan nya Anda klik tombol subconnya. Dan jika yang ingin di subcon hanya bagian upahnya, maka Anda harus membuat 2 pekerjaan walaupun secara nyata nya pekerjaan itu sama. Pembeda pekerjaan itu antara pekerjaan bahan dan pekerjaan material.

Terdapat kasus bahwasanya rincian suatu pekerjaan dipakai juga untuk beberapa proyek lainnya. Yang membedakan hanya pada bagian volumenya. Namun rinciang material dan upahnya sama. Untuk hal ini Anda input pekerjaan tersebut terlebih dahulu ke dalam modul Analisa Harga Kerja. Nah nantinya saat Anda memasukkan RAB yang baru, Anda bisa menarik Analisa Harga Kerja yang sudah Anda input sebelumnya. Untuk volumenya, Anda hanya cukup mengubah pada bagian volume pekerjaan yang ada di RAB.

Untuk selanjutnya, Anda hanya cukup memasukkan pemotongan stok jika material tersebut dipakai pada proyek nya.

Accurate 5 membantu Anda dalam mengontrol anggaran terhadap material, baik itu secara kuantitas ataupun secara nilai yang akan dibiayakan dalam pemakaian proyek.

Close Menu