RMA pada Accurate Desktop

RMA pada accurate desktop adalah kependekan dari Return Merchandise Authorization. Barang yang telah dibeli oleh pelanggan mungkin mengalami kerusakan selama masa garansi. Dalam keadaan ini pelanggan dapat meminta penggantian barang baru, meminta uang kembali atau minta perbaikan barang.

Modul RMA terdiri dari :

  • Modul RMA berfungsi untuk mencatat barang yang di kembalikan oleh customer di karenakan barang yang sudah terjual mengalami kerusakan atau masalah. (Selama Barang dalam masa garansi).
  • Modul RMA Action berfunsi untuk proses / tindakan akan barang yang bermasalah dan mengalami kerusakan.
  • Modul Sales Invoice berfungsi membuatkan tagihan atas barang yang sudah di klaim dan sudah sampai proses perbaikan.
RMA, Klaim, Accurate
Klaim Garansi

Cara menginput transaksi RMA:

  1. Di accurate masuk ke menu ActivitiesRMA, isi di kolom Date sesuai dengan tanggal pengembalian barang.
  2. Klik field Customer Name pilih nama customer yang mengembalikan barang
  3. Di kolom Item No pilih item yang mereka beli lalu di kolom Invoice No pilih No Sales Invoice yang sudah dibuat berdasarkan penjualan barang tsb.
  4. Pada kolom Problem Description isikan keterangan singkat berkaitan dengan item yang dikembalikan.
  5. Input RMA Actionnya dari menu Activities | RMA | RMA Action, isikan RMA no. sesuai dengan RMA yang sudah dibuat di no 1.
  6. Pilih Actionnya Replaceddan di field “Replaced item” with isikan  dengan item yang akan dikembalikan, kemudian pada field “Stok Warehouse” isikan dengan nama gudang yang digunakan untuk pengembalian barang nya dan pada field “Scrap Warehouse” isikan dengan nama gudang yang digunakan untuk menampung pengembalian barang.
  7. Pada detail item pilih barang penggantinya kemudian Save and Close
  8. Ketika barang tersebut ingin dikirimkan ke customer input melalui Menu ActivitiesSales | Sales Invoice, pilih nama customer dan select RMA, centang No RMA yang sudah dibuat di no 7 maka secara otomatis di kolom Item No akan muncul no barang yang sudah diinput di RMA Action. Di kolom Unit Price isikan nilainya nol dikarenakan barang yang yang rusak masih ada garansi Toko sehingga kalau rusak akan diganti dengan barang yang sama dan tidak dikenakan biaya. Untuk info lebih lanjut tentang RMA dan pembelian software hubungi accuratecenter.com

 

 

 

Close Menu