5 Langkah Sukses Menyusun Business Plan untuk Bisnis

Business Plan  atau rencana bisnis merupakan dasar menjalankan sebuah usaha agar dapat berjalan dgn baik. Rencana tsb dipakai sbg pedoman dalam pengambilan keputusan demi perkembangan bisnis yg dijalankan. Bisnis Plan mesti memuat visi dan misi sebuah usaha supaya dapat berjalan sesuai dgn rencana pertama. Banyak pengusaha yg mengalami perubahan usaha karena tidak mempunyai plan usaha yang jelas. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan bisnis, Anda mesti membuat bisnis plan yang singkat dan jelas. Untuk membantu Anda membuat business plan yang baik, Anda perhatikanlah langkah sukses berikut ini.

Kenali Bisnis yg Anda Jalankan Business Plan

Langkah awal sebelum membikin sebuah bisnis plan adalah mengenali bisnis tsb. Anda mesti benar-benar mengerti bagaimana usaha tsb berjalan, dalam bidang apa usaha tsb, apa jenisnya, dan bagaimana menjalankannya. Anda juga perlu mengetahui kelemahan dan kekuatan bisnis yang Anda jalani tsb. Bila sudah benar-benar mengenali usaha, Anda dapat dgn mudah membuat bisnis plan dan tentunya bisa dgn mudah menjalankan usaha tsb shg dapat menjadi pengusaha yang berhasil.

Membuat Visi dan Misi

Misi dan visi sangat penting dalam pendirian sebuah organisasi maupun lainnya. Oleh sebab itu, supaya Anda berhasil menyusun rencana bisnis, Anda mesti membuat misi dan visi untuk usaha tsb. Visi adalah tujuan jangka panjang dari sebuah bisnis yang akan dikerjakan dan mesti dapat digapai. Sedangkan, misi adalah tujuan jangka pendek yg harus dilalui perusahaan utk menggampai visi. Anda butuh membuat misi dan visi dgn tetap dan pastinya yang sesuai dgn usaha yg Anda jalani.

Membuat Ringkasan Rencana Bisnis

Langkah berhasil untuk menyusun sebuah rencana bisnis adalah membikin sebuah ringkasan singkat yg berisi tentang berbagai plan perusahaan. Buatlah dgn singkat namun tetap jelas supaya tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Rencana bisnis bukanlah sebuah novel yang berisi tentang cerita-cerita, namun hanya sebuah ringkasan atas acuan bisnis. Bahkan, Anda hanya membutuhkan selembar kertas saja untuk membuat plan ini karena hanya menulis hal-hal penting dalam bisnis. Menulis singkat bisa menghemat waktu dan tidak akan membikin orang malas membacanya. Selain daripada itu, plan yang singkat juga tidak akan mudah dimengerti semua orang shg rencana tidak akan gampang ditiru pesaing.

Miliki Sikap Teliti

Dalam membikin sebuah rencana bisnis, Anda sbg pengusaha mesti selalu mempunyai sikap teliti dalam semua hal. Ketelitian sangat penting utk berdirinya sebuah perusahaan, termasuk dalam penulisan bisnis plan. Rencana bisnis yg ditulis dgn tidak tergesa-gesa dan teliti akan menghasilkan sesuatu yang pasti dan tidak akan menimbulkan berbagai pertanyaan oleh semua tim pelaku usaha.

Accurate merupakan program akuntansi online yang menyediakan konsultasi keuangan dan service pengelolaan. Accurate siap membantu usaha Anda untuk mempunyai rencana bisnis yang baik melalui plan keuangan yang tepat. Melalui kemitraan dengan Accurate, dapatkan pengelolaan keuangan yang baik dan rencana bisnis yang berhasil untuk usaha Anda. Dapatkan semua informasi tentang Accurate di sini.

Close Menu