3 Tips Membuat Pelanggan Loyal Terhadap Bisnis

Customer adalah salah satu aset penting yg dipunyai sebuah usaha. Membuat pelanggan loyal dan mau kembali lagi utk membeli produk akan lebih sulit bila dibandingkan dengan menemukan customer utk membeli produk pertama kali. Mempunyai pelanggan loyal bukan hanya menolong Anda memperoleh angka omzet tetap dgn jangka waktu yg panjang, tp juga mampu menekan pemasaran bisnis atau biaya promosi.

Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Jika mau membikin customer loyal dan mempertahankan mereka jangka panjang, hal pertama yang mesti Anda kerjakan sbg pebisnis adalah mengetahui apa yg sebenarnya diinginkan dan diperlukan customer. Apakah kualitas yang terbaik, bermacam warna dan jenis, pelayanan yang maksimal, manfaat yang mudah, atau lain sebagainya? Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka, Anda bisa menanyakan langsung kepada customer dgn suasana santai. Cobalah utk dengarkan cerita mereka mengenai produk Anda beserta kemauan mereka dari usaha Anda. Bila hal ini tidak memungkinkan, Anda juga dapat menjaga hubungan baik dan menanyakan langsung melalui telepon, chattingemail, dan media lainnya. Usahakan untuk tetap mendengarkan cerita mereka sampai selesai, dan hindari memotong percakapan.

Berikan Bonus ke Customer

Siapa yg tak senang diberikan bonus? Umumnya customer Indonesia sangat tertarik dgn bonus. Anda dapat memberikan bonus kepada customer dgn berbagai syarat, mulai dari beli 10 kali gratis 1 kali. Atau Anda dapat memberikan bonus berupa barang yang menarik utk customer, jika customer Anda adalah anak kecil, Anda dapat memberikan mereka bonus mainan, atau jika customer Anda adalah ibu-ibu, Anda dapat memberikan panci, bonus piring, dsb. Dgn memberikan bonus kepada customer, Anda akan lebih gampang membuat mereka lebih loyal.

Berikan Jaminan Garansi

Setiap pelanggan pasti memerlukan garansi sbg jaminan. Apalagi kalau yg mereka beli adalah produk dgn harga yg cukup tinggi. Dgn memberikan jaminan berupa garansi, customer Anda akan lebih mudah percaya terhadap kualitas produk yang Anda jual. Anda dapat memberikan garansi dgn waktu yg sesuai berdasarkan produk yang ditawarkan. Jika yang Anda jual adalah produk elektronik baru, minimal garansi yang Anda berikan yaitu 1 tahun. Anda juga dapat memberikan jaminan kenyamanan, mis jika Anda menjual barang melalui online, Anda dapat memberikan jaminan barang hingga maksimal 3 hari dan free retur bila barang tidak orisinal.

Itulah beberapa tips yg dapat Anda terapkan utk membuat customer Anda menjadi loyal terhadap usaha. Dgn customer yang setia, Anda bisa lebih mudah mempertahankan bisnis dan mengembangkan bisnis dalam jangka panjang. Selain keloyalan pelanggan, Anda juga harus mengelola keuangan dgn baik dan bijak utk menjaga dan mengelola usaha. Accurate merupakan program akuntansi online yang siap membantu Anda mengelola keuangan di mana dan kapan saja. Dengan Accurate, Anda juga dapat menikmati kemudahan dalam membuat laporan keuangan secara instan hingga mengelola persediaan barang dgn cepat. Temukan informasi lainnya mengenai accurate di sini.

Close Menu