Tips Negosiasi dgn Supplier utk Perkembangan Bisnis

supplier atau Pemasok sangat penting untuk sebuah perusahaan, terutama perusahaan yg bergerak dibidang retail. Namun, tak hanya perusahaan retail, perusahaan jasa juga memerlukan vendor utk mensuplai peralatan yg bisa dipakai untuk meningkatkan servicenya dan memerlukan negosiasi dgn supplier.

Dalam usaha melakukan negosiasi adalah standar yang harus dikerjakan perusahaan. Melakukan negosiasi dgn supplier bukan hanya untuk memperoleh kualitas barang yang baik, tapi juga utk memperoleh harga terbaik, waktu pengiriman yg tepat, ataupun syarat pembayaran. Anggota YEC (Young Entrepreneur Council) mempunyai tips yang bisa Anda terapkan ketika mengerjakan negosiasi dgn vendor.

Jaga Komunikasi dengan Supplier

Pendiri Praetor Global, George Mavromaras menyarankan utk memelihara komunikasi yang baik dgn vendor. Hal itu akan berpengaruh besar dalam proses negosiasi di masa yang akan datang. Dgn perhatian penuh dan respon yang cepat terhadap masalah, pengusaha bisa membangun hubungan baik dgn vendor shg akan gampang untuk memperoleh laba di masa akan datang.

Kesepakatan yang Menguntungkan

Menurut Doug Bend, pendiri Bend Law Group menyarankan perusahaan utk meluangkan waktu demi menambah laba yang dapat diperoleh dalam sebuah kesepakatan. Jika vendor tidak memberikan harga yang rendah, Anda bisa fokus pada kesepakatan lain seperti uang muka yang rendah, garansi lebih lama, diskon dalam pembelian besar, bunga yang lebih rendah, jangka waktu pembayaran yang lebih murah.

Mintalah Referensi Pelanggan

Sunil Rajaraman, co-founder scripted.com mengatakan bahwa data terbaik yg dapat diperoleh dari supplier berasal dari customer mereka.  Sebelum mengerjakan negosiasi, alangkah bagusnya Anda meminta vendor untuk menyediakan daftar customer yang bisa menjadi acuan utk memilih jenis produk yang Anda harapkan. Di mana, customer senang membicarakan produk yang mereka sukai dan ada beberapa pelanggan yang akan memberitahu harga yang mereka peroleh.

Buat Supplier Senang

Aaron Schwartz sbg CEO Modify Watch mengatakan bahwa vendor adalah partner yg penting untuk perkembangan usaha. Oleh sebab itu, ia menyarankan pengusaha utk mencari tahu bagaimana cara Anda utk membuat vendor bahagia ketika bekerja sama dgn perusahaan Anda. Mungkin Anda bisa membuat vendor lebih hemat waktu maupun uang dari pesanan Anda. Dgn cara ini, pengusaha dan vendor akan sama-sama diuntungkan. Anda bisa membuat pesanan secara efisien sprt menurunkan biaya utk semua orang.

Itu adalah beberapa cara yang dapat Anda kerjakan untuk bernegosiasi dgn vendor. Selain untuk memperoleh kualitas barang yang baik, mengerjakan negosiasi dgn vendor juga bisa meningkatkan Cash Flow perusahaan Anda. Dgn diskon dan harga terbaik yang diberikan vendor, Anda bisa mengehemat biaya pengeluaran perusahaan.

Close Menu