6 Kebiasaan Pengusaha yang Mempermudah Proses Akuntansi

Banyak pemilik usaha bertanya-tanya bagaimana Kebiasaan Pengusaha mesti menanggulangi problem akuntansi secara praktis. Hal ini sangat penting utk diketahui, karena masalah akuntansi atau keuangan akan berpengaruh pada banyak hal, terutama laba maupun kegagalan usaha. Sedikit saja mengerjakan kesalahan dalam pencatatan akan berdampak pada berkurangnya laba perusahaan.

Untuk menghindari masalah yg berhubungan dgn keuangan dan pelaporannya tsb, maka setiap pebisnis mesti mempunyai wawasan maupun kebiasaan bagus dlm mengelolanya. Apa saja kebiasaan pengusaha yang dpt berpengaruh utk kemudahan akuntansi? Mari kita lihat di bawah ini.

Mengirim Invoice Secepat Mungkin

invoice atau Faktur adalah hal penting terkait keuangan perusahaan. Menunda pengirim invoice hanya akan memberikan hasil yg tidak bagus. Anda tidak hanya memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pembayaran invoice, tetapi juga risiko untuk lupa mengantarnya. Biasakan mencetak invoice segera di waktu yang sama ketika pengiriman barang dikerjakan. Akan lebih gampang lagi jika Anda sudah mempunyai service invoice online yang dapat Anda kirimkan di mana pun dan kapan saja tanpa butuh mengeprintnya terlebih dahulu, shg terhindar dari faktor kehilangan dan lupa salinannya.

Menyimpan Bukti Secara Digital

Menumpuk bukti payment di laci meja kerja atau di dompet hanya akan membuatnya berpeluang terselip dan terbuang, shg ketika diperlukan sbg bukti pencatatan, Anda sudah tdk mempunyainya lagi dan berpotensi merugikan keuangan perusahaan Dampak data yg hilang. Untuk menghindari hal yang kurang praktis sprt ini, manfaatkan beberapa fitur snap capture online, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan bukti transaksi apapun secara ringkas tanpa takut kehilangan data transaksi penting yang Anda punyai seperti Accurate.

Setorkan Pembayaran Saat Anda Mendapatnya

Adanya uang terkadang bikin Anda sedikit tergoda untuk selalu memakainya. Untuk menghindari pemakaiannya uang bisnis yang berpeluang membingungkan proses mencatat transaksi di kemudian hari, oleh karena itu ada baiknya kita selalu disiplin menyetorkan peyment  pada saat kita memperolehnya. Pada dasarnya, Anda menerima peyment faktur secara transfer bank, tetapi jika Anda masih menggunakan cek, setorkan segera setelah Anda memperolehnya. Jangan menunda-nunda, karena akan berdampak pada pemakaian keuangan usaha tidak pada tempatnya

Meninjau Cash Flow Setiap Minggu

Cash flow akan selalu terhubung dgn informasi keuangan yang terhubung dgn masalah kewajiban dan laba perusahaan. Dgn selalu meninjau Cash Flow secara rutin, maka Anda akan mengetahui sejauh mana perusahaan mempunyai kemampuan untuk mengerjakan investasi usaha, membiayai semua aktivitas usaha, maupun melihat adanya kejanggalan dalam laporan keuangan yang dapat segera dihandle.

Dahului Masalah Pajak

Pajak sangat penting utk selalu diperhatikan. Baik dikala usaha yang Anda miliki masih dalam skala kecil maupun besar. Selalu peduli tentang pajak dgn mengerjakan perhitungan dan pencatatan keuangan secara cermat sejak awal usaha, akan berakibat pada jumlah payment pajak yang valid dan terhindar dari risiko audit serta denda sebagai akibat pelaporan pajak yang tidak sesuai.

Close Menu