Ketahui Manfaat Revaluasi Aktiva untuk Perusahaan Anda

Revaluasi aktiva adalah penilaian kembali atas aktiva tetap perusahaan sbg dampak kenaikan nilai aktiva dimarket atau karena rendahnya nilai aktiva tetap dalam laporan keuangan akibat dari dievaluasi.penurunan  atau Kenaikan   nilai aktiva yang terjadi ini menyebabkan nilai aktiva tetap pada laporan keuangan menjadi tidak wajar. Shg tujuan revaluasi aset yaitu agar perusahaan dapat melakukan perhitungan penghasilan dan biaya secara lebih wajar. Dgn mengerjakan revaluasi aktiva maka Anda bisa mengenal kemampuan dan nilai perusahaan yang sesungguhnya.

revaluasi aktiva

Aset Apa Saja yang Dapat Direvaluasi?

Tidak semua aktiva dalam sebuah perusahaan bisa direvaluasi. Aktiva yang bisa direvaluasi yakni aktiva tetap berwujud yang letaknya berada di Indonesia, serta dipakai dan dipunyai untuk menagih, memperoleh, dan memelihara pendapatan yang merupakan objek pajak. Misalnya aktiva yang bisa direvaluasi seperti Gedung properti. Gedung merupakan kedudukan dan aktiva tetap berwujud  tentu saja jelas dia dibangun di wilayah mana.

Manfaat Revaluasi Aset

Revaluasi aktiva mempunyai manfaat yang banyak untuk perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

a. Menunjukan Posisi Kekayaan yang Wajar

Semisal yang telah dibilang, tujuan revaluasi aktiva adalah memberikan nilai riil pada aktiva dalam sebuah perusahaan. Dgn begitu, nilai aktiva tetap yang ada di dalam laporan keuangan menunjukkan nilai yang wajar. Revaluasi aktiva juga akan sangat bermanfaat untuk perusahaan yang go publik karena bisa dimanfaatkan untuk menyusun nilai aktiva ke harga yang relatif lebih real.

b. Mengontrol Modal

Revaluasi aktiva bisa mengurangkan debt to equity ratio  dalam sebuah perusahaan. Shg kalau perusahaan Anda akan meminjam utang dari bank maka bank bisa memberikannya dengan mudah. Ya hal ini dikarenakan apabila jumlah modal menaik, capital adequacy ratio juga akan menaik. Oleh karena itu bank bisa memberikan pinjaman ke nabaash lain dan perusahaan. Dalam hal ini artinya bank juga memperoleh manfaat dari laba yang didapat perusahaan. Dengan begitu revaluasi aktiva bisa dikatakan bisa mengontrol permodalan.

d. Mengurangi Kewajiban Perpajakan

Dengan waktu yang terus berjalan , nilai aktiva perusahaan yang tadinya rendah tentu saja akan menaik. Pada saat nilai aktiva bertambah, maka akan berpengaruh pada biaya penyusutan. Biaya penyusutan juga menjadi meningkat, dan ini berpengaruh pada laporan keuangan. Keuntungan yang diperoleh akan menurun sehingga kewajiban pajak pada tahun tsb juga menjadi menurun.

Close Menu