Kelebihan Sistem Penjualan Konsinyasi

Dalam dunia ada berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Baik sistem, metode, perjanjian, cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan barangnya. Salah satu metode yang digunakan yaitu berupa konsinyasi. Yaitu perjanjian atara dua pihak antara si pemilik barang dan yang menerima barang untuk titip dijualkan.Kemudiaan si pemilik barang akan memberikan komisi tertentu atas barang yang terjual. Selanjutnya pihak yang dititipi atau penjual barang disebut dengan consignee. Pihak pemilik barang disebut consignor.

Kelebihan Penjualan Konsinyasi

1. Bagi pemilik produk atau consignor

  1. Memperluas pasar dan menghemat biaya promosi

Dengan adanya konsinyasi maka anda akan dapat menghemat biaya promosi dan memperluas pasar ke konsumen. . Tempat yang anda dititipkan barang di toko kemungkinan sudah rame dan memiliki pelanggan setia. Anda akan menghemat biaya promosi di toko tersebut.

  1. Menghemat SDM dan biaya pelayanan

Tempat dimana anda menitipkan barang tersebut tentu sudah memiliki sumber daya manusia yang sudah terlatih. Sehingga anda tidak perlu repot melayani pelanggan secara langsung. Hal ini tentu anda akan menghemat biaya SDM untuk bekerja di bagian penjualan dalam memasarkan dan menjual produk.

  1. Fokus terhadap produk

Kelebihannya anda akan lebih fokus terhadap kualitas produk. Anda akan lebih leluasa dalam melakukan inovasi – inovasi agar produk anda semakin ungul dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

2. Bagi penjual, penyalur atau consignee

  1. Dapat keuntungan tanpa mengeluarkan modal

Bagi pihak penjual keuntungan yang pertama yang mereka dapat adalah tidak perlu keluar modal untuk mendapatkan keuntungan atas barang yang dijual. Penjual biasa akan menambah harga jual atas barang yang dititp dari yang sudah ditetapkan. Selain dari nilai tambah dari harga yang ditip penjual juga mendapatan fee dari penitip barangnya.

  1. Risiko kecil

Kelebihan lain bagi penjual yaitu resiko kecil. Karena jika barang yang dititip tidak laku terjual maka barang akan dikembalikan kepada pihak penitip. Sehingga kerugian ditanggung penitip. Namun penjual hanya fee pendapatan atas barang yang dititip akan menurun.

  1. Display produk bertambah

Adanya penitipan barang akan membuat barang yang dijual ditoko kelihatan lengkap dan banyak di display tokonya. Selain itu, Penambahan display barang dari barang yang dititip tidak mengeluarkan modal dan akan sangat membantu penjual untuk memperoleh keuntungan.

Close Menu