Pentingnya Biaya Modal dan Struktur Modal Bagi Pemula

Biaya Modal pada saat Anda memperluas dan mendirikan suatu usaha, ada banyak hal yang butuh dipertimbangkan dan dipikirkan. Tentunya Anda akan memberikan yang terbagus untuk kelangsungan usaha yang dibangun tsb bukan? Oleh sebab itu, berbagai macam perhitungan tentu akan dikerjakan untuk melihat mana yang  buruk dan baik mana yg untuk usaha Anda.

Biaya modal merupakan biaya yang harus dikeluarkan atau dibayar oleh perusahaan untuk memperoleh modal yang dipakai untuk investasi perusahaan. Modal adalah dana yang dipakai untuk  operasional atau pengadaan aset suatu perusahaan. Modal biasanya terdiri dari saham biasa, utang, saham preferen, dan laba ditahan.

a. Secara individu

Biaya modal ini terdiri dari utang jangka pendek, biaya modal utang perniagaan dari utang wesel, laba ditahan, biaya modal dari obligasi dan biaya modal dari penggunaan saham preferen.

b. Secara keseluruhan

Jika perusahaan memakai beberapa sumber modal maka yang dikalkulasi adalah biaya modal rata-rata tertimbang dari seluruh modal yang dipakai atau dapat disebut dgn WACC (weighted average cost of capital).

Struktur Modal

Struktur modal adalah perbandingan atau perimbangan pendanaan jangka panjang perusahaan yang ditunjukan oleh perbandingan utang jangka panjang dgn modal sendiri. Perusahaan biasanya mempunyai dua sumber pendanaan yaitu berasal dari eksternal perusahaan dan internal perusahaan. Sumber internal perusahaan berasal dari laba ditahan, modal saham. Sementara pendanaan eksternal yaitu dari utang. Perusahaan yang bisa memenuhi keperluan dananya dari internal akan sangat baik karena bisa memaksimalkan nilai perusahaan. Dibandingkan kalau harus  mencari ke pihak eksternal. Ini dikarenakan bisa meningkatkan risiko perusahaan dan bisa menjadi ketergantungan. Besar kecilnya struktur modal yang dipakai oleh perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

– Tingkat bunga

– Stabilitas earning

– Susunan aktiva

– Jumlah modal yang dibutuhkan

– Tingkat risiko aktiva

– Keadaan pasar modal

– Ukuran/skala perusahaan

– Manajemen perusahaan

Anda butuh mengerti dan memahami tentang struktur modal dan biaya modal agar bisa menyeimbangkan keuangan usaha Anda. Selain itu, dgn mengerjakan analisa struktur modal dan biaya modal juga bisa membantu Anda menilai perusahaan dan investasi yang dikerjakan dgn melihat laporan keuangan. Oleh sebab itu laporan keuangan sebaiknya disusun dgn baik dan benar. Anda bisa memakai bantuan software akuntansi Accurate. Accurate memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara realtime dan instan. Accurate juga bisa diakses di mana pun dan kapan pun dgn memakai koneksi internet.

Close Menu