Bagian Penting Rekening Koran Yang Perlu Diketahui

Kalau Bisnis Anda mempunyai account rekening di salah satu bank, pasti anda menerima yang namanya rekening koran atau disebut  (Bank Statement) secara rutin. Biasanya tiap bulan bisa jadi 3 bulan sekali. Bagian penting rekening koran yang perlu diketahui untuk mengelola keuangan bisnis Anda, di rekening koran berisikan segala informasi tentang history belanja dan masuknya duit bisnis Anda selama transaksi-transaksi itu memakai rekening bank yang bersangkutan.

Bagian-Bagian dari Rekening Koran

Mari kita pahami bagian-bagian dari rekening koran yang biasanya di anggap sangat penting untuk dapatkan fungsi penuh dari rekening bisnis Anda. Dibawah ini adalah detail bagian dari rekening biasanya.

a. Informasi Bank

Semua informasi kontak lembaga keuangan Anda ada di rekening . Jadi didalam rekening ada tertera nama bank, alamat, dan nomor telepon Customer Service bank yang bersangkutan. Jadi informasi bank ini, Anda bisa sangat mudah hubungi bank jika ada perbedaan data antara laporan keuangan bisnis Anda dengan rekening koran dari bank.

b. Informasi Bisnis

Di rekening akan terdapat informasi tentang perusahaan atau bisnis Anda. Contoh nama Anda sebagai owner bisnis, nama bisnis, alamat, dan nomor hp.

c. Informasi Akun

Untuk informasi akun dijelaskan bahwa informasi umum tentang rekening bank Anda. Contoh nama owner rekening dan nomor rekening.

d. Tanggal Periode

Untuk rekening koran akan didapat tanggal periode untuk setiap rekening koran dikeluarkan. Contoh, rekening yang muncul pada tanggal 1 November 2018 berisi semua informasi transaksi periode Oktober 2018, dari 1 Oktober hingga 31 Oktober 2018.

e. Ringkasan Akun

Di ringkasan berisi dari saldo akun di awal hingga akhir periode, total penarikan, dan total deposito. Ringkasan akun umumnya didapat di bagian atas halaman rekening koran.

f. Ringkasan Transaksi

Jadi di ringkasan transaksi akan nampak paling jelas dalam rekening . Ringkasan transaksi mempunyai isi daftar setiap transaksi yang berlaku selama satu periode yang diurutkan secara otomatis. Untuk semua transaksi yang terjadi akan didapati tanggal, deskripsi, total nominal transaksi yang berlaku, dan sisa total saldo akun sehabis transaksi.

Jadi untuk titik bagian pentingnya, rekening koran sangatlah bermanfaat untuk kualitas laporan keuangan Anda. Total saldo kas di bank dalam laporan keuangan Anda pastinya akan semakin pas dan cocok dengan ada nya rekonsiliasi bank menurut rekening . Tetapi untuk masalah pengelolaan laporan keuangan, Anda harus memakai software yang cocok. Accurate mungkin bisa jadi dokternya. Accurate adalah salah satu software akuntansi online yang lengkap dengan macam- macam fitur berhubungan dengan pencatatan dan laporan keuangan Anda. Dengan Accurate, Anda bisa dapatkan data ringkasan rekonsiliasi bank yang integrate. Untuk informasi lebih dalam silahkan untuk hubungi marketing executive Accurate ( Wincent – 081370293985) Call/WA.

Close Menu